Hadiri Perayaan Titik Kulminasi Matahari, Menparekraf Sandiaga Uno Dorong Pariwisata Pasaman

  • Cetak

BONJOL, binews.id -- Kendati dalam suasana melaksanakan puasa Ramadhan, ribuan masyarakat hadir menyaksikan salah satu perayaan titik kulminasi Matahari dan peringatan hari Meteorologi sedunia yang dipusatkan di Taman wisata Equator Bonjol, Sabtu (23/3/2024).

Puncak perayaan fenomena alam tersebut dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan ekonomi kreatif Sandiaga Salahuddin Uno , Sestama BMKG Pusat Ir. Dwi Budi Sutrisno, M.Sc ,Wakil Gubernur Sumatera Barat Dr. Ir. Audy Joinaldy, S.Pt, M.Sc, MM, IPM, ASEAN.Eng. Wadan Pusterad Mabes TNI Mayjen TNI Herianto Syahputra, Bupati Pasaman Sabar AS, SAg.M.Si, Forkopimda Pasaman.

Ketua DPRD Pasaman Bustomi, SE, MM , DANDIM 0305 Pasaman Putra Negara, SH,M.Han Kapolres Pasaman Yudho Huntoro, S.IK,M.IK . Kajari Pasaman Sobeng Suradal, SH, MH Ketua Pengadilan Negeri : Forci Nilpa Darma, SH, MH Ketua Pengadilan Agama

Baca Juga

Muhammad Syaifudin Amin, S.H.I.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Pasaman Sabar AS dalam sambutannya mengatakan, Momen perayaan Titik Kulminasi yang diselenggarakan tersebut merupakan salah satu ajang yang strategis untuk mempromosikan pariwisata astronomi dan hal ini hanya dimiliki oleh Pasaman salah satunya.

Seperti kita ketahui bahwa potensi Pasaman sebagai wisata astronomi sangat besar dan harus dimaksimalkan untuk menambah daya tarik wisata dan percepatan Pasaman tujuan wisata. "Dilaluinya Pasaman oleh garis khatulistiwa sangat potensial menjadikan Pasaman sebagai wisata alam astronomi, harus dimaksimalkan," harap Sabar AS.

Kita berharap dengan hadirnya Mas Menteri Pariwisata di Pasaman khususnya dititik garis Khatulistiwa Bonjol dan para ahli astronomi dan geologi nasional di Pasaman merupakan langkah positif dalam mengembangkan potensi alam Pasaman menjadi daya tarik wisata go nasional maupun mancanegara," ucap Sabar AS.

Sementara itu Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy mengatakan keberadaan kawasan wisata equator Bonjol menjadi peluang besar dalam meningkatkan pariwisata di Kabupaten Pasaman.

Wagub Sumbar meminta Pemerintah Kabupaten Pasaman untuk mengusulkan hak kekayaan intelektual Land Of The Equator ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) sebelum daerah lain mengusulkan hal yang sama.

Saat ini tingkat kunjungan wisata ke Kabupaten Pasaman masih tergolong rendah jika dibandingkan beberapa daerah lain di Ranah Minang," ujar Audi

Ia meyakini kunjungan wisatawan ke Kabupaten Pasaman akan naik drastis apabila Astronomis atau wisata astronomi telah diresmikan dan dampaknya akan sangat jelas," ujar orang nomor dua di Provinsi Sumbar ini.

Apa bila wisata astronomi telah diresmikan ini akan menjadi wahana belajar bagi pelajar baik itu lokal maupun nasional," jelas Audy

Sementara itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam arahannya mengatakan, Kita dorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman mendaftarkan Festival Titik Kulminasi atau hari tanpa bayangan pada Karisma Event Nusantara (KEN) di Bonjol Kabupaten Pasaman

Menparekraf juga mengatakan, terkait banyaknya ragam atraksi seni dan budaya yang dimiliki masyarakat Kabupaten Pasaman semakin menarik wisatawan berkunjung ke daerah yang dilalui garis khatulistiwa itu.

Sandiaga Uno juga menyebutkan, peluang Kabupaten Pasaman menjadi destinasi nasional semakin terbuka lebar mengingat keberadaannya sebagai kawasan wisata equator Bonjol.

Menparekraf menginstruksikan Dinas Pariwisata Sumbar memetakan pola perjalanan wisata ke daerah itu, untuk mewujudkan destinasi unggulan.

"Tujuannya supaya Kabupaten Pasaman ini bisa menjadi penyumbang pergerakan wisatawan Nusantara sebesar 1,5 miliar pada tahun 2024," tutupnya.

Diakhir acara selain pelepasan balon tanda peringatan hari meteorologi dan Geofisika sedunia juga turut ambil bagian Menparekraf Sandiaga Uno, Wagub Sumbar Audy Joinaldy dan Bupati, Pasaman ikut merasakan asiknya bermain Kesenian Lukah Gilo. (bi/Fajri)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru