Rektor UNP Prof. H. Ganefri, Ph.D. Acara Batagak Pangulu Dt. Djunjungan Nan Bagadiang

  • Cetak

LIMA PULUH KOTA, binews.id -- Rektor Universitas Negeri Padang Prof. H. Ganefri, Ph.D. dilantik menjadi Dt. Djunjungan Nan Bagadiang yang dilaksanakan dalam acara batagak pangulu pada Sabtu (20/05) di Rumah Gadang Dt. Djunjungan Nan Bagadiang di Tanah Pasukuan Banuhampu, Kabupaten 50 Kota.

Prof. Ganefri diamanahkan sebagai Pangulu dengan gala Dt. Djunjungan Nan Bagadiang yang dulunya diemban oleh Prof. Dr. H. Kamardi Talut, Sp.B. Guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) yang juga pemilik RS Bedah Ropanasuri Padang.

Pada acara Batagak Pangulu Prof. Ganefri, Ph.D dihadiri oleh banyak tokoh daerah, tokoh provinsi hingga tokoh nasional. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Dr. (H.C.) Drs. A. Halim Iskandar, M.Pd. juga hadir dalam acara Batagak Pangulu. Hadir juga Gubernur Sumbar H. Mahyeldi, S.P. Dt. Marajo, Wakil Gubernur Sumatera Barat, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo dan tokoh lainnya.

Baca Juga

Acara diawali dengan penyambutan rombongan Rajo VII Koto Talago dan Tamu VIP dengan tari gelombang dan tambua tansa. Pembacaan wahyu Illahi dan doa. Selanjutnya, pidato adat malewakan atau pemuntingan Dt. Junjungan Nan Bagadiang.

Penyambutan rombongan dengan tari pasambahan, pembacaan wahyu Illahi dan doa. Selanjutnya pidato adat Pati Ambalau, pemasangan keris dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. (bi)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru