Untuk Kedua Kalinya PT Semen Padang Meraih Sertifikat Akreditasi A Kearsipan

PADANG, binews.id - PT Semen Padang kembali meraih Akreditasi A (sangat baik) dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI untuk Unit Kearsipan. Penyerahan sertifikat akreditasi itu dilakukan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala ANRI Muhammad Taufik kepada Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri di Jakarta, Kamis, (10/6/2021).

"Alhamdulillah PT Semen Padang kembali meraih akreditasi A dari ANRI. Ini menunjukkan bahwa perusahaan ini sudah sangat baik dalam pengelolaan unit kearsipan sesuai standar yang ditetapkan oleh ANRI," kata Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri yang didampingi Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan, Oktoweri.

Ia mengatakan dengan meraih sertifikat akreditasi yang masa berlakunya selama lima tahun (30 April 2021 s.d. 30 April 2026) itu dapat menjadi penyemangat bagi jajarannya untuk mengelola Unit Kearsipan dengan lebih baik lagi.

Baca Juga

Yosviandri menuturkan, akreditasi kearsipan bagi PT Semen Padang sangat banyak tujuannya, di antaranya, untuk memberikan pengakuan formal bahwa penyelenggaraan kearsipan yang dilaksanakan oleh perusahaan telah memenuhi persyaratan dan standar akreditasi kearsipan.

Kemudian, juga untuk menyamakan persepsi dan memverifikasi pengelolaan kearsipan yang dilakukan selama ini di PT Semen Padang sudah baik dan benar, serta sebagai tolak ukur bersama, karena arsip merupakan faktor penting dalam perjalanan perusahaan dan bisa dikatakan sebagai salah satu aset berharga yang dimiliki.

Pengelolaan kearsipan juga berkaitan dengan transparansi tata kelola perusahaan serta kepedulian pimpinan. Keikutsertaan PT Semen Padang untuk akreditasi kearsipan bersifat sukarela. Namun begitu, manfaat dari akreditasi dapat menjadi sebagai pedoman dalam pengelolaan persuratan dan kearsipan di perusahaan.

Sertifikat Akreditasi Kearsipan ini merupakan yang kedua kali diraih PT Semen Padang. Pada tahun 2015, PT Semen Padang mengajukan akreditasi kearsipan ke ANRI dan hasilnya, meraih akreditasi A yang berlaku hingga 2020.

Pengajuan akreditasi untuk kedua kalinya ini, merupakan bentuk komitmen dan kepedulian perusahaan terhadap pengelolaan kearsipan di PT Semen Padang. Bahkan, PT Semen Padang merupakan BUMN pertama yang berhasil masuk ke tahapan sidang pleno akreditasi kearsipan tahun 2021.

Selain meraih Sertifikat Akreditasi Kearsipan, PT Semen Padang dalam ajang ANRI Award 2016, pernah meraih Juara I Tingkat BUMN Unit Kearsipan Terbaik tingkat Nasional serta memperoleh Juara II Arsiparis Teladan Nasional Tahun 2016 Kategori BUMN.

Plt Kepala ANRI Muhammad Taufik mengucapkan selamat kepada perusahaan dan instansi pusat serta daerah yang telah berhasil mendapatkan Sertifikat Akreditasi Kearsipan berdasarkan potret dari ANRI.

Ia berharap, semua instansi dan perusahaan kedepannya dapat meningkatkan pengelolaan arsip yang lebih baik.

"Arsip adalah informasi. Siapa pun yang mendapat informasi, maka dia mendapat knowledge (pengetahuan). Orang yang mendapat informasi, dia akan teredukasi. Itulah arsip sesungguhnya. Arsip harus hadir dan dia berada di garda terdepan memberikan kepastian, karena arsip itu otentik, tidak hoax," kata Taufik. (*/bi)

Penulis: Imel | Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru