Jadi Salah Satu Nominator Diverifikasi Kemen PPPA, Padang Berpeluang Raih Penghargaan APE 2021

Politik-229 hit

PADANG, binews.id - Kota Padang berpeluang meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Republik Indonesia.

Ini setelah pihak tim penilai atau verifikator dari Kementerian tersebut melakukan verifikasi lapangan terhadap kesiapan Kota Padang sebagai salah satu nominator penghargaan tersebut, Selasa (30/3/2021).

Anugerah Parahita Ekapraya (APE) merupakan penghargaan tingkat nasional yang diberikan kepada pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten / kota yang dinilai berhasil dalam kesetaraan dan keadilan gender. Verifikasi lapangan untuk Kota Padang dilakukan secara virtual oleh Asisten Deputi Pengarusutamaan Gender Bidang Politik dan Hukum KPPPA RI Dermawan beserta tim verifikator. Verifikasi ini diikuti Plt Wali Kota Padang Hendri Septa bersama jajaran kerjanya di Ruang Abu Bakar Jaar, Balaikota Padang.

Baca Juga

Verifikator Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Herman Siregar menyigi kelengkapan dokumen yang telah dikirimkan Pemerintah Kota Padang. Di depan Plt Wali Kota Padang, Herman Siregar menilai dokumen tersebut. Bahkan Herman Siregar menyatakan, dokumen yang dikirimkan Kota Padang sudah memenuhi syarat.

"Dokumen sudah memenuhi syarat," kata Herman Siregar.

Hal ini memunculkan asa seluruh peserta vidcon pada pagi itu. Terlebih setelah Herman Siregar menyatakan bahwa dokumen yang dikirimkan menjadi pertimbangan ke depannya.

Sementara itu, Asisten Deputi Pengarusutamaan Gender Bidang Politik dan Hukum KPPPA RI Dermawan menuturkan, verifikasi lapangan dilakukan untuk melihat lebih rinci dokumen yang telah dikirimkan Pemko Padang. Kelengkapan dokumen akan menjadi evaluasi sebagai bahan pertimbangan meraih penghargaan APE Tahun 2021.

"Ini akan menjadi pertimbangan kami merekomendasikan Padang sebagai calon penerima APE," jelasnya.

Sementara itu, Plt Wali Kota Padang Hendri Septa menyatakan rasa terimakasihnya kepada Kementerian PPPA yang telah menunjuk Kota Padang sebagai calon penerima penghargaan APE Tahun 2021. Hendri Septa berharap penghargaan tersebut dapat singgah ke pangkuan Kota Padang.

"Semoga kita dapat meraih penghargaan ini," kata Hendri Septa.

Kota Padang memiliki prioritas pembangunan dalam jangka waktu ke depan. Salah satunya yakni membangun SDM berkualitas, serta peningkatan partisipasi perempuan dan kesejahteraan keluarga dengan arah kebijakan diantaranya meningkatkan peran kelembagaan dalam peningkatan kualitas hidup dan peningkatan gender dalam pembangunan Kota Padang.

Anggota DPRD Kota Padang Elly Thrisyanti mengatakan, pihaknya selama ini terus mendukung program yang digagas Pemerintah Kota Padang. Dukungan paling utama yang diberikan DPRD Kota Padang yakni dalam hal pengesahan anggaran terutama pada program kerja yang bersinggungan dengan Pengarusutamaan Gender (PUG) di tiap OPD Pemko Padang.

Dalam verifikasi lapangan tersebut nampak hadir Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan yang diwakili Kepala Bappeda Medi Iswandi, Kepala BPKAD Budi Payan, Kalaksa BPBD Barlius, Direktur Utama RSUD dr Herlin Sridiani, dan lainnya. (*)

rilis

Komentar

Berita Terbaru