Hebat, PPID Pembantu Raih Informatif di Dharmasraya

  • Cetak

DHARMASRAYA, binews.id - PPID Utama Pemkab Dharmasraya lakukan penilaian internal terkait pengelolaan informasi publik di PPID Pembantunya.

Penilaian dibagi dalam beberapa kategori. Yakni kategori Informatif, Menuju Informatif, Kurang Informatif dan kategori tidak Informatif.

Menurut PPID Utama Pemkab Dharmasraya sekaligus Kabag Humas Setdakab Dharmasraya Budi Waluyo, hasil penilaian internalnya ada 9 Perangkat Daerah yang masuk kategori informatif. Yakni Dinas Kesehatan, Dinas Kominfo, Dinas Kumperdag, Dinas Pangan dan Perikanan, BKPSDM, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Kecamatan Koto Baru, Kecamatan Sembilan Koto dan Kecamatan Timpeh.

Baca Juga

"Sembilan OPD informatif yaitu prediket tertinggi badna publik terkait penerapan UU 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang didetilkan oleh Peraturan Komisi Informasi tentang monitoring dan evaluasi," ujar Budi, usai pengumuman PPID Utama

Sementara PPID Utama masih harus bekerja keras karena 25 Perangkat Daerah lainnya, masih berada pada kategori Menuju Informatif.

"Dan tiga Perangkat Daerah yang masuk kategori Kurang Informatif, yaitu Sekretariat DPRD, Dinas Satpol PP dan Damkar, dan BPBD. Malah, ada pula Perangkat Daerah yang masuk kategori Tidak Informatif, yakni Dinas Transnaker,"ujar Budi

Kata Budi Waluyo selaku PPID Utama, mengatakan, mengawali penilaian ini, pihaknya telah melakukan pemantauan terhadap kinerja masing-masing PPID Pembantu, sejak dua bulan terakhir. Salah satunya dengan memantau website masing-masing perangkat daerah.

"Ke depan, ini akan kita lakukan secara kontineu. Kita akan nilai kinerja setiap PPID Pembantu. Hasilnya akan kita umumkan setiap satu bulan sekali, dalam kesempatan apel gabungan. PPID Pembantu yang masuk kategori Informatif, akan kita berikan penghargaan, yang akan diserahkan langsung oleh pimpinan," ujar Budi.

Budi berharap, dengan penilaian yang dilakukan, akan muncul persaingan sehat antar Perangkat Daerah untuk berlomba-lomba menjadi badan publik paling informatif. (rls/san)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru