Bapppeda Sijunjung Gelar Konsultasi Publik Penyusunan Rancangan Awal RKPD 2021

  • Cetak

SIJUNJUNG, binol.id - Sebanyak 150 peserta dari berbagai unsur stakeholders Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, pada Rabu (12/2/2020) mengikuti rapat konsultasi publik di Balairung Lansek Manih kantor bupati setempat.

Kegiatan yang dikemas Bapppeda Sijuniung tersebut, dibuka secara resmi Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin. Peserta para pimpinan OPD, camat, walinagari, tokoh masyarakat, dan OKP.

Kepala Bapppeda Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir,S.STP, menyebutkan, rapat konsultasi publik tersebut membahas penyusunan rancangan awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2021 dalam rangka penyempurnaan dokumen RKPD.

Pada konsultasi publik itu juga dibahas dasar hukum penyusunan RKPD dan tujuan pembangunan daerah Kabupaten Sijunjung. Tak hanya itu, soal Indeks Pembangunan Manusia (IPM) juga dikupas dalam acara yang berlangsung sehari penuh itu.

Itu saja ? Tidak, dalam konsultasi publik itu juga mengupas perkembangan pertumbuhan ekonomi hingga masalah jumlah penduduk miskin juga dibahas. Bahkan perkembangan infrastruktur jalan sejak 2014 hingga 2018 juga dikupas.

Konsultasi publik itu membahas tentang arah kebijakan dan program prioritas RKPD Kabupaten Sijunjung itu untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Sijunjung yang sejahtera, berkualitas berakhlak mulia dan religius sesuai dengan visi dan misi RPJMD 2016-2021 (Perda No 1 Tahun 2018).

Konsultasi publik yang berlangsung sehari penuh dengan tema; "Peningkatan Kualitas SDM untuk Pengembangan Potensi Daerah Berwawasan Lingkungan, Didukung Infrastruktur dan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik" itu berlangsung sukses.

Bupati Yuswir Arifin menyebutkan konsultasi publik itu merupakan pertemuan pemangku publik.

"Ini adalah rangkaian kegiatan RPJMD tahun kelima 2016-2021. Kita bersyukur SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) kita bergeser dari CC jadi B. Ini menunjukan indikator kinerja kita cukup baik,"kata bupati Yuswir Arifin dihadapan ratusan peserta konsultasi publik itu. saptarius

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru