Jelang HUT ke-18, Pemkab Pasbar Lakukan Ziarah ke Makam Tokoh Besar Pasbar

  • Cetak

PASBAR, binews.id -- Menjelang Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 18 Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat lakukan ziarah rombongan ke sejumlah makam tokoh-tokoh besar dan berpengaruh di Pasbar, Kamis (6/1/2022).

Ziarah rombongan dipimpin langsung oleh Bupati Pasbar, Hamsuardi, dan Wakil Bupati, Risnawanto, serta diikuti Ketua DPRD, Sekda Pasbar, para Asisten, Staf Ahli, Ketua TP PKK, Wakil Ketua TP PKK, Ketua DW, Kepala OPD, Kabag, Camat, Wali Nagari beserta stakeholder terkait lainnya.

Dalam kegiatan ziarah Bupati, Hamsuardi, mengatakan telah mengagendakan berziarah ke beberapa makam tokoh besar pada hari itu. Makam yang dikunjungi diantaranya Makam Buya Lubuk Landua di Nagari Persiapan Lubuak Landua Kecamatan Pasaman, selanjutnya ke Makam Buya Alin Tagak di Alin Tagak Kecamatan Gunung Tuleh, dilanjutkan ke Makam Alm. H. Syahiran dan makam Syeh Rao-rao di Silaping Kecamatan Ranah Batahan dan yang terakhir ke Makam Alm. Syahrul Datuak Marajo di Kampung Pisang Kecamatan Kinali.

Baca Juga

"Sengaja beberapa hari yang lalu kami musyawarah bersama, dalam menyambut HUT Pasbar yang ke 18. Kita merencanakan ziarah ke makam tokoh nasional dan agama Pasbar. Alhamdulillah hari ini kita telah berziarah ke Makam Buya Lubuk Landua, selanjutnya makam buya Alin Tagak, ziarah di makam Alm. Bapak Syahiran, makam Syeh Rao-rao dan terakhir kita ke makam mamak Datuk Syahrul Datuak Marajo di Kinali," kata Hamsuardi.

Bupati mengatakan bahwa ziarah kubur termasuk ibadah yang mulia disisi Allah. Ziarah merupakan bentuk penghormatan bagi orang yang sudah meninggal dunia. Dengan ziarah kubur, akan mengingatkan manusia kepada kematian dan mempersiapkan diri menuju alam akhirat.

Selain itu Ia mengungkapkan bahwa, ziarah sebagai bentuk solidaritas dan menggiatkan silaturahmi. Ia juga berterimakasih kepada rombongan yang ikut serta dalam kegiatan tersebut, dan berharap kegiatan seperti ini tetap akan terus terlaksana dimasa yang akan datang.

"Momen ini juga sebagai ajang silaturahmi antara Pemda, keluarga almarhum, dan masyarakat. Kesempatan seperti ini harus tetap kita jaga, membina kekompakan, ini bukti nyata kepedulian kita terhadap mantan bupati, wakil bupati, serta tokoh ulama yang berjasa mengembangkan agama islam di Pasbar ini. Semoga kedepan, kegiatan seperti ini tetap kita laksanakan,"ujar Hamsuardi.

Hal serupa juga disampaikan Wakil Bupati Risnawanto, ia berharap niat baik mengunjungi makam tokoh Pasbar dapat diterima oleh Allah SWT. Dengan mengirimkan doa, memberikan motivasi dan dukungan kepada keluarga Almarhum dan yang terpenting untuk mempererat hubungan silaturrahmi.

"Salah satunya hari ini kita ziarah ke pemakaman Alm Syahrul Dt Marajo, beliau adalah tokoh di Kinali dan tokoh Kabupaten Pasaman Barat yang mana beliau juga merupakan mantan Wakil Bupati Pasbar yang telah banyak berjasa membangun kabupaten kita ini. Untuk itu, kita kirim kan doa, mudah-mudahan almarhum ditempatkan di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan selalu kuat dan tabah," ucap Risnawanto.

Disamping itu, Joni Hendri mewakili keluarga alm. Syahiran mengucapkan terimakasih kepada bupati beserta rombongan yang telah berziarah ke makam mantan bupati Pasbar periode 2005-2010 dan 2016-2021 itu.

"Penghargaan yang sebesar-besarnya kepada rombongan bapak Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Sekda, Asisten, Staf Ahli, Ibu Ketua TP.PKK, Wakil Ketua TP.PKK, Ibu DW, Camat, unsur Forkopimca, Kepala bank nagari dan semua yang hadir. Silaturrahmi dengan keluarga besar yang di Silaping ini semoga melembutkan hati kita dalam kehidupan dan mengingatkan kita dengan kematian,"harap Joni Hendri.

Selain itu, Alamsyah Dt Marajo mewakili keluarga alm Syahrul Dt Marajo juga berterimakasih kepada bupati beserta rombongan yang hadir. Ia berharap di momen HUT ke 18 ini, Pasbar semakin jaya karena telah menghargai jasa para pahlawan sebelumnya.

"Kami atas nama keluarga mengucapkan terimakasih kepada bupati beserta rombongan. Seterusnya kami berharap doa dari rombongan kepada almarhum mamanda kami, semoga beliau ditempatkan disisi Allah dan keluarga yang ditinggalkan selalu tabah dan kuat menghadapi permasalahan hidup. Untuk Pasbar di momen HUT ke 18 ini, mudah-mudahan semakin jaya karena telah menghargai jasa pahlawan-pahlawan sebelumnya,"tangkas Alamsyah. (*/bi)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru