Studi Tiru ke KI Jabar, Noval Wiska : Termasuk KI Terbaik di Indonesia

  • Cetak

BANDUNG, binews.id -- Ketua KI Jawa Barat, Ijang Faisal, mengatakan keterbukaan informasi di Jabar masih sama dengan daerah lain, dan masih terus disosialisasikan.

"Seharusnya sudah tahap literasi penegakan Keterbukaan Informasi," ujarnya ketika menerima rombongan Studi Tiru KI Sumbar di Bandung, Selasa (30/11/2021) di Gedung Sate, perkantoran Pemprov Jabar.

Dalam melayani informasi masyarakat, Jabar punya tagline "Kalau Bersih Kenapa Risih". Dikatakannya, KI Jabar tahun 2022 akan meluncurkan websitekhusus tentang kegiatan keterbukaan informasi Publik di Jabar. "Kalau Sumbar punya FJKIP, Jabar bergerak dengan website," jelasnya.

Baca Juga

KI Jabar akan mengumumkan hasil Monev di Jabar, 6 Desember. "Bagaimana reward dan punishment kita liat dari Pak Gubernur, Ridwan Kamil," ungkapnya.

Sebab, katanya, Pemprov Jabar sangat besar perhatian kepada media dan pemberitaan dengan alokasi hampir Rp31 miliar tahun 2021.

Dalam diskusi para jurnalis mempertanyakan program strategis KI Jabar dalam menumbuhkan keterbukaan informasi di kalangan OPD pemerintah daerah. Pertanyaan dan pendapat dikemukakan Tim Studi Tiru Sumbar; Almudazir, Heranof Firdaus, Ilham Adelino Azre, dan Heri Sugiarto.

Ketua KI Sumbar, Nofal Wiska, dalam memperkenalkan rombongan juga menyebutkan Jabar memang salah satu provinsi tempat KI Sumbar belajar. "Termasuk KI terbaik di Indonesia," ujarnya.

Dikatakannya, ada faktor dominan Gubernur Ridwan Kamil yang membuat OPD lebih terbuka melayani publik, disamping fasilitas yang lengkap. Sama dengan Sumbar yang secara tradisi sudah sangat demokratis didorong dengan Gubernur Sumbar, Mahyeldi yang sangat merespons aktifitas KI.

Studi Tiru KI Sumbar membawa 40 rombongan jurnalis FJKIP Sumbar dan organisasi pers serta FJKIP Bukittinggi, Kominfo Padang Panjang dan FJKIP Pesisir Selatan.

Dalam pertemuan di gedung Sate itu hadir dari Kominfo Jabar, diwakili Seksi Kemitraan, Andri Bukhari, dan komisoner KI, Husni Farhani Mubarak. Komisioner KI Sumbar, selain Nofal Wiska, hadir Arif Yumardi, Adrian Tuswandi, Tanti Endang Lestari. (*/bi)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru