Borong Lima Platinum dan Tiga Gold, Tim Inovasi Semen Padang Bikin Bangga di Ajang TKMPN XXV

PADANG, binews.id - Tim inovasi PT Semen Padang kembali menorehkan prestasi gemilang pada ajang nasional. Kali ini, sebanyak lima predikat Platinum dan tiga Gold berhasil diraih pada ajang Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) XXV yang diselenggarakan pada 15 hingga 18 November 2021.

Lima Platinum diborong tim PKM Sending, PKM Optimus Prime, GKM Store 1908, GKM Robin Hood, dan SS Air Comp. Sedangkan predikat Gold, disabet tim 5R CF Silo, SS SIGI, dan PKM Smart Office.

Prestasi yang diraih tim inovasi perusahaan semen kebanggaan orang awak ini, mendapat apresiasi yang tinggi dari Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri. "Alhamdulillah, ini pencapaian yang luar biasa. Selamat kepada seluruh anggota tim yang telah menorehkan prestasi yang membanggakan tidak hanya bagi PT Semen Padang, namun juga kebanggaan bagi Padang dan Sumatera Barat," kata Yosviandri di Padang, Jumat (19/11/2021).

Baca Juga

Ia berharap raihan prestasi yang diraih ini dapat menjadi penyemangat bagi insan perusahaan untuk tetap produktif di masa pandemi, dengan menghasilkan berbagai inovasi dan karya-karya terbaik.

TKMPN adalah ajang unjuk kebolehan dan keberhasilan dari perusahaan-perusahaan swasta nasional dan BUMN, lembaga pemerintahan, koperasi, perguruan tinggi dan organisasi nirlaba dalam mengelola mutu dan produktivitas perusahaan, baik perseorangan maupun kelompok dengan berbagai pendekatan sistem manajemen. TKMPN XXV diselenggarakan secara virtual oleh PT Wahana Kendali Mutu diikuti sebanyak 300-an tim inovasi dari 180 perusahaan di Indonesia dengan jumlah peserta lebih dari 2.000 orang.

Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang, Nur Anita, menambahkan, pada ajang TKMPN XXV ini PT Semen Padang mengikutkan sebanyak delapan tim inovasi. "Alhamdulillah, semua tim inovasi yang kami ikutkan meraih penghargaan," katanya.

Menurut Anita, keikutsertaan PT Semen Padang pada ajang TKMPN tersebut sebagai bentuk komitmen perusahaan terhadap inovasi dan improvement di lingkungan perusahaan.

Senior Total Productive Maintenance (TPM) Officer PT Semen Padang Zulkarnaen selaku pengelola inovasi di PT Semen Padang merinci judul inovasi dari 8 tim berprestasi tersebut. Untuk Sending dengan judul Menghilangkan Frekuensi Fault Sending Sampler Indarung 5 dengan Cara Membuat Sistem Kontrol Inovasi Sendiri dalam Waktu 5 Bulan, terdiri dari inovator Zulvawarman, Fandi Rahmanda, Adenil Muzarwi, Dery Suwandi dan Riky Johan.

Tim Optimus Prime dengan judul 'Menurunkan Laju Keausan Inner Part Raw Mill dan Menurunkan Power Consumption Sebanyak 5 % dengan Memodifikasi Dimensi Reject Cone dan Mengurangi 20 % Nozzle Ring Opening', terdiri dari inovator Muhammad Ikhlas, Nino Perdana Putra, Mardian, Azet Putra dan Sigit Ari Widodo,

Kemudian tim Store 1908 dengan judul 'Memperbaiki Kerusakan Circuit Breaker (CB) Sinkron 3kV Di PLTA Rasak Bunga dengan Tetap Mempertahankan Orisinalitas Peralatannya', inovatornya adalah Prinaldi, Rizky Dwi Ernaldi, Imran, Ruki Tri Julman, Mick Donald dan Rudi.

Robin Hood dengan judul 'Menghilangkan Coating Pada Main Burner Menggunakan Automatic Purging Air Untuk Menghin dari Kerusakan Burner Equipment Sehingga Proses Pembakaran Optimal', inovatornya Peter Sazli, Indra, Adenil Muzarwi, Erwin Mayunda dan Yudhi Permana.

Tim Air Comp judul inovasi 'Meningkatkan Kehandalan Kompresor P75C01 GA 75+ dengan Memodifikasi Motor Fan Cooler dari Tipe MK165-6DK Menjadi Tipe 1LE1603-1BC2 3 Phase Flange Mounting', dengan inovator Benny Arianto.

Selanjutnya tim 5R CF Silo dengan judul 'Penerapan 5R di Ekstraksi CF Silo Indarung VI Sehingga Penarikan Lancar, Tidak Fluktuatif, Bersih, dan Rapi untuk Peralatan dan Area Serta Inovatif', terdiri dari inovator Doche Delson, Fery Wibowo, Sabrimen, Kardinal Martin dan Jufri Ramadhan.

Tim SS Sigi dengan judul 'Mempercepat Pencarian Dokumen Peralatan dengan Membuat Aplikasi System Informasi Peralatan yang Berbasis Webbase dan QR-Code di Gardu Induk PT. Semen Padang dari 30 Menit Menjadi Kurang dari 1 Menit' terdiri dari inovator Mick Donald dan Rizky Dwi Ernaldi.

Kemudian terakhir, PKM Smart Office dengan judul 'Peningkatan Efisiensi Energi Listrik Sebesar 52% dengan Smart Office di Kantor Inspeksi Pemeliharaan sebagai Pilot Project untuk Perkantoran di PT Semen Padang', terdiri dari inovator Jimmy Desilba, Eko Tri Saputra, Muharmansyah, Yudistia Hadi Pratama dan Ari Mulia.

"Semua tim inovasi yang diikutkan pada ajang TKMPN XXV yang digelar secara virtual ini, sebelumnya juga meraih penghargaan terbaik di ajang Semen Padang Improvement Event (SPIE) tahun 2020," ujar Zulkarnaen yang didampingi Staf TPM Officer, Wan Setiawan.

Semangat melakukan improvement dan inovasi di PT Semen Padang tidak pernah surut dimana PT Semen Padang dan PT Semen Indonesia (Persero), Tbk, sebagai holding, mewadahi hal tersebut dengan menggelar Semen Padang Improvement Event SPIE dan Semen Indonesia Group Innovation Award (SIGIA).

Bagi yang meraih prestasi, diikutkan pada ajang TKMPN. Tak hanya itu, para inovator PT Semen Padang yang berprestasi selain diikutkan pada ajang-ajang nasional, juga dikirim berkompetisi di tingkat internasional. (*/mel)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru