Melalui Program Sumdarsin, Sumbar Optimis Capaian Vaksinasi Covid Lebihi Target Hingga Akhir Tahun

PADANG, binews.id -- ProvinsiSumbar optimis angka capaian vaksinasi Covid-19 di daerahnya akan melebihi target hingga akhir tahun 2021. Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, saat menggelar vaksinasi massal Sumbar Sadar Vaksin (Sumdarsin) di GOR H Agus Salim Padang, Sabtu (30/10/2021).

"Kita (Sumbar) yakin dengan digelarnya gerakan Sumdarsin yang diluncurkan di GOR Haji Agus Salim Padang dengan sasaran 100 ribu orang, akan bisa melebihi target dalam upaya meningkatkan angka capaian vaksinasi di Sumbar," ujarnya.

Dikatakannya, Sumbar optimisme capaian vaksinasi akan melebihi target yang ditentukan sebelumnya. Hal tersebut dibuktikan dengan melihat antusiasme warga tidak hanya di Kota Padang, tetapi juga di 18 kabupaten/kota yang juga melaksanakan gerakan ini secara serentak.

Baca Juga

"Kita sangat optimis capaian vaksinasi Covid-19 sampai akhir tahun bisa lebih dari 120 persen," ujarnya saat meluncurkan Program Sumdarsin bersama Kapolda Sumbar dan Danrem 032/WRB dan Forkopimda.

Mahyeldi mengatakan, dengan laju vaksinasi Covid-19 yang cukup tinggi beberapa minggu terakhir capaian vaksinasi di Sumbar sudah cukup baik, bahkan naik 5 peringkat secara nasional dari awalnya peringkat 2 terbawah menjadi peringkat 7 dari bawah.

"Data sebelum Gerakan Sumdarsin capaian vaksinasi Sumbar 34,54 persen lebih baik dari Papua, Aceh, Maluku, Maluku Utara, Sulteng dan Sultra," katanya.

Menurutnya hal ini merupakan bukti keseriusan pemerintahan daerah bersama dengan Polda dan Korem 032 Wirabraja dan forkopimda dalam upaya untuk segera mencapai herd immunity di Sumbar.

"Kita yakin dengan upaya dan kerjasama dari berbagai pihak capaian vaksinasi di Sumbar akan naik secara signifikan," katanya lagi.

Sementara itu, Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang ikut mendukung program vaksinasi di Sumbar.

"Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya, kepada Forkopimda atas peran serta dan dukungan untuk capaian Vaksinasi di Sumbar," ujarnya.

Dikatakannya, masalah ketertinggalan vaksinasi merupakan masalah teknis, dan kita mampu menjawabnya bahwa hari ini kita sudah mencapai capaian yang luar biasa naik lima tingkat," ujarnya.

"Insya Allah sampai akhir November kita (Sumbar) bisa berada pada sepuluh besar, dan sampai Desember nanti kita bisa dua besar. Ini optimisme kita," kata Jenderal bintang dua itu.

Dirinya juga mengapresiasi terhadap masyarakat yang datang untuk di vaksin, karena sangat baik dalam mendukung program pemerintah untuk menekan penyebaran Covid-19.

Dirinya berharap, dengan dukungan dari seluruh pihak maka nantinya angka vaksinasi akan bertambah secara ekskalatif. Untuk itu ia berpesan, kepada seluruh masyarakat yang belum melaksanakan vaksin silahkan sampaikan bahwa vaksin itu merupakan kebutuhan dan banyak gunanya.

"Saudara-saudara yang mau umrah tapi belum di vaksin, terpaksa harus ditunda. Mau terbang ke suatu tempat kalu belum di vaksin maka saudara-saudara akan terpending disana," katanya.

Untuk diketahui, Sumdarsin akan digelar selama lima kali. Hari pertama dilaksanakan di GOR H Agus Salim Padang, kemudian yang kedua sampai kelima akan berpindah tempat dan di seluruh kabupaten kota akan menggelar acara yang sama, begitu juga ada doorprize dan ada baksosnya. (*/mel)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru