Bupati Solok Serahkan Empat Ekskavator untuk Empat Nagari : Semua Biaya Ditanggung Pemda, Kecuali...

SINGKARAK, binews.id -- Bupati Solok, Epyardi Asda, menyerahkan empat unit ekskavator kepada wali nagari demi meningkatkan kesejahteraan petani di Kabupaten Solok. Penyerahan ini bertempat di dermaga Danau Singkarak pada waktu pelaksanaan vaksinasi massal Selasa tanggal (19/10/2021).

Ekskavator diserahkan secara simbolis kepada beberapa orang wali nagari yang ada di Kabupaten Solok untuk pembukaan lahan baru pertanian demi meningkatkan kesejahteraan petani, di sini wali nagari yang telah mendapatkan ekskavator terdiri dari Nagari Aia Dingin, Kecamatan Lembah Gumanti, Nagari Talang Kecamatan Gunung Talang, Nagari Singkarak Kecamatan X Koto Singkarak dan Nagari Tanjung Balik Kecamatan X Koto Diatas yang diterima langsung oleh Wali Nagari dan Camat masing-masing daerah.

"Penggunaan ekskavator ini adalah untuk membuka jalan usaha tani dengan cara gotong royong dan semua biaya yang ditimbulkan termasuk operator dan biaya peliharaanya adalah tanggung jawab Pemda. Sedangkan untuk pembelian minyak ditanggung oleh nagari" ujar Bupati.

Baca Juga

Bupati juga mengatakan, setiap nagari akan dapat menggunakan ekskavator ini secara bergiliran. Untuk beberapa lamanya itu tergantung seberapa luasnya wilayah di Nagari tersebut dan setelah ekskavator mulai bekerja semua jalan yang sudah dibuat akan dicor, setelah itu diminta wali nagari untuk mendata masyarakat yang mempunyai lahan, dan pemilik lahan diminta untuk menggali lobang.

"Selanjutnya Pemda akan memberikan bibit secara gratis sesuai apa yang cocok ditanam di Nagari tersebut. Setelah itu akan diusahakan listrik masuk ke ladang - ladang itu," ujarnya.

Bupati juga menjelaskan, sekarang Pemda sudah menyediakan bibit durian, alpokat, pepaya, manggis, pisang, dan masih banyak lagi yang lainnya. Semuanya gratis untuk masyarakat Kabupaten Solok yang mau bertani. "Dan bagi para petani yang ingin menjual beras Solok dan hasil hasil pertanian lainya kita sudah melakukan kerja sama dengan Pemda DKI Jakarta dan Kota Pekanbaru serta sudah menjajaki kerja sama dengan Pemko Dumai, serta akan mengundang mereka saat panen raya nanti," katanya.

Selain Bupati, tampak hadir dalam acara tersebut Kapolres Solok Kota, AKBP Ferry Suwandi, Dandim 0309/Solok Letkol Reno Triambodo, Wakil Ketua DPRD Kab Solok Ivoni Munir, Kejaksaan Negeri Solok, Camat dan Wali Nagari Sekabupaten Solok.(*/Mak Itam)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru