UNP Tuan Rumah Rapat Koordinasi Rektor PPTKN 2021

  • Cetak

PADANG, binews.id -- Universitas Negeri Padang (UNP) sebagai tuan rumah Rapat Koordinasi Rektor Perkumpulan Perguruan Tinggi Kependidikan Negeri (PPTKN) tahun 2021, yang digelar selama dua hari 16-17 Oktober 2021 di Aston Hotel & Resort Kota Batam.

Kegiatan rakor tersebut dibuka oleh Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Irwan Syahril, Ph.D dan dihadiri oleh rektor beserta wakil Rektor, yang berasal dari 12 LPTK Negeri yang ada di Indonesia.

Ketua Forum Rektor PPTKN, Prof. Ganefri, Ph.D ketika menyampaikan laporannya selaku ketua pelaksana kegiatan, kegiatan Rakor bertujuan untuk

sharing

informasi antara Perguruan Tinggi LPTK, sekaligus wujud dari input yang diberikan oleh Dirjen GTK, agar LPT tetap fokus koor bisnisnya, yakni komitmen dalam menghasilkan calon-calon pendidik profesional dan pelaksanaan tridharma perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional, kata Ketua Forum PPTKN yang juga Rektor UNP tersebut.

Baca Juga

Sementara itu, Dirjen GTK, Irwan Syahril, Ph.D, dalam pemaparannya mengingatkan Perguruan Tinggi LPTK untuk melakukan transformasi pendidikan guru dengan semangat merdeka belajar dam sekaligus menyampaikan perubahan kebijakan untuk akselerasi dan Transformasi pendidikan guru.

"Keluarnya Permendikbudristek No.28 Tahun 2021 tentang SOTK, melahirkan adanya satu Direktorat baru, yaitu Direktorat Pendidikan Profesi Guru (PPG), sehingga perlu revitalisasi LPTK yang berfokus pada pengguatan pendidikan guru yang berfokus pada peningkatan SDM di Perguruan Tinggi untuk Dosen LPTK, melalui beasiswa khusus untuk pendidikan guru, visiting scholars khusus untuk pendidikan guru dan studi banding ke program pendidikan guru terbaik di dunia," tegas Dirjen GTK.

Pada kesempatan Rakor ini juga tampil sebagai pembicara, Dirjen Dikti, Prof. Ir. Nizam, M.Sc, Ph.D yang memaparkan tentang Perubahan LPTK menjadi PTNBH, juga Direktur Belmawa Aris Junaidi, Ph.D yang menyampaikan materi tentang Pencapian Indeks Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi dan Direktur SDM Kemendikbudristek Dr. Mohammad Shofwan Effendi yang menjelaskan tentang perubahan dan pengembangan SDM di Lingkungan Kemendikbudristek termasuk di Perguruan Tinggi.

Untuk kegiatan tanggal 17 Oktober diisi dengan pemaparan dan diskusi oleh Prof. Dr. Syawal Gultom, M.PD, selaku Ketua Pelaksana Uji Kompetensi Mahahasiswa PPG (UKMPPG) Kemendikburistek, yang membawakan materi terkait isu dan perkembangan model pelaksanaan PPG pada tahun 2022 nanti. (*/bi)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru