Perlu Peningkatan SDM Petani Gambir untuk Tingkatkan Kualitas Produk

  • Cetak

LIMA PULUH KOTA, binews.id -- Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, menilai upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM) petani gambir perlu dilakukan agar bisa memanfaatkan teknologi untuk pengelolaan produk sehingga kualitas bisa terjaga.

"Salah satu upaya agar harga gambir bisa menguntungkan petani adalah dengan menjaga standar kualitas produk. Karena itu perlu ada upaya untuk meningkatkan SDM petani," katanya saat meninjau gudang gambir Koperasi Syariah, Gambir Anam Koto Mandiri (Gakom) Jorong Sopang Nagari Pangkalan Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Limapuluh Kota, Minggu (10/10/2021).

Informasi yang diterimanya saat ini masih banyak petani gambir yang menjual produk tanpa mengindahkan kualitas. Bahkan ada produk yang dicampur, namun tetap ada pembeli.

Baca Juga

"Kalau kondisi ini dibiarkan terus, maka petani gambir tidak akan pernah sejahtera," ujar Mahyeldi.

Pemerintah perlu melakukan intervensi dengan langkah-langkah yang sesuai aturan untuk memberikan pemahaman pada petani agar mau menjaga kualitas.

"Petani juga harus kompak. Jangan mau diiming-imingi bahwa gambir bercampur akan tetap ada pembeli," katanya.

Mahyeldi mengatakan Pemprov Sumbar tengah mengkaji kemungkinan untuk mencarikan solusi agar harga gambir bisa menguntungkan petani.

"Produksi gambir dunia itu 80 persen dari Indonesia dan daerah yang paling banyak menghasilkan gambir di Indonesia itu adalah Sumbar. Ironis jika petani gambir Sumbar tetap berada pada garis kemiskinan," ujarnya.

Sementara itu Ketua Koperasi Sumbar Madani, Jamalus mengatakan pihaknya sudah menetapkan standar kualitas dalam mengambil gambir dari anggota. Namun memang masih banyak petani yang berprinsip asal ada pembeli, tidak perlu memperhitungkan soal kualitas gambir.

"Kami berharap ada dukungan dari pemerintah agar standarisasi kualitas gambir bisa terlaksana sehingga harga bisa terjaga," sebutnya.

Kunjungan Gubernur itu sekaligus meletakan batu pertama pengembangan dan pembangunan Masjid Al-Ikhlas daerah itu.

Ikut hadir dalam kegiatan tersebut Kadis Pertanian Sumbar Syafrizal, Camat Pangkalan Koto Baru Zulkifli Lubis, dan masyarakat petani gambir Pangkalan. (*/bi)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru