Kembali Adakan BIC ke-VI 11-12 Oktober, Pascasarjana IAIN Batusangkar Bakal Alek Gadang

  • Cetak

BATUSANGKAR, binews.id -- IAIN Batusangkar kembali mengadakan Seminar Internasional. Seminar internasional ini dari tahun ke tahunnya diberikan nama BIC yakni Batusangkar Internasional Conference.

Tahun 2021 ini adalah kali ke VI diadakannya BIC, dengan menyongsong tema "Strengthening Life Harmoni in 4.0 Era". Menurut penuturan Direktur Pascasarjana IAIN Batusangkar, Dr. Suswati Hendriani, M.Pd, M.Pd ",Pada BIC VI ini kami sebelumnya sudah melewati beberapa kali diskusi dan musyawarah melibatkan dosen, panitia dan pimpinan terutama Rektor IAIN Batusangkar akan tema yang di angkat. Alhamdulillah setelah beberapa kali diskusi dilakukan maka disepakatilah tema ini. Yaitu "Strengthening Life Harmoni in 4.0 Era".

Lebih lanjut Direktur Pascasarjana IAIN Batusangkar juga menyebutkan awalnya ada dua opsi mengenai tema yang diangkat untuk BIC VI ini, namun pilihan jatuh pada tema "Strengthening Life Harmoni in 4.0 Era". BIC ini adalah Alek Gadang yang diprakarsai oleh Pascasarjana IAIN Batusangkar dan telah berjalan selama enam tahun berturut-turut. "Tentunya di tahun keenam ini kami sebagai pelopor perdana Seminar Internasional di IAIN Batusangkar harus menyiapkan seapik mungkin agar Alek Gadang ini berhasil," tuturnya.

Baca Juga

Di samping itu Ketua Panitia Kegiatan, Dr. Fadriati, M.Ag, beserta Wakil Ketua Kegiatan, Dr. Himyar Pasrizal, menyampaikan, sudah melakukan audiensi dengan berbagai pihak yang mendukung sepenuhnya agar nanti kegiatan dapat terlaksana dengan baik.

"Kami dari panitia tentu sangat antusias dengan kegiatan ini, dikarenakan BIC VI memiliki target Output yang lebih baik dari BIC sebelumnya. Selain itu kami juga menghadirkan narasumber yang beragam tentunya kredibel dan kompeten di bidang ilmunya," tuturnya.

Adapun narasumber tersebut adalah Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, sebagai Pembicara Utama dan Prof. Dr. Yusril Ihza Mahendra. (Lawyer and Politician, Indonesian), Prof. Dato' Dr. Noriah Mohd Ishak. (Honorary Fellow, Women Leadership Centre, UKM, Malaysia).

"Prof. Dr. Asad Zaman. (Pakistan Institute of Development Economics, Pakistan) Prof. Dr. H. Hasan Zaini, M.A. (State Institute for Islamic Studies Batusangkar, Indonesian) Prof. Dr. Faisal Mahmoud (University of the Holy Quran and Islamic Sciences, Sudan) masing-masing sebagai Plenary Speaker,"ujarnya.

Wakil Direktur Pascasarjana IAIN Batusangkar, Dr. M. Yusuf Salam, MA menambahkan, tema ini sengaja diangkat untuk melihat betapa aware masyarakat, bersosial dan berkehidupan saat ini dengan Era 4.0 yang erat hubungannya pada dunia digitalisasi.

"Kegitan BIC VI ini akan di adakan pada tanggal 11 Oktober - 12 Oktober 2021 melalui virtual. Kegiatan ini diagendakan dengan dua bentuk pertama menghadirkan narasumber dan yang ke dua adalah memberikan kesempatan presentasi seminar kepada para peserta yang insyaallah nantinya di targetkan tembus terbit pada Prosiding Scopus," tutupnya. (*/bi)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru