Mensos Tri Rismaharini Kunjungi dan Bantu Korban Banjir dan Longsor di Padang Pariaman

  • Cetak

PADANG PARIAMAN, binews.id - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, bersama Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, mendampingi Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini, mengunjungi korban longsor di Nagari Pasie Laweh dan banjir di Ulakan, Kabupaten Padang Pariaman, Sabtu (2/10/2021). Turut hadir Anggota DPR RI Jhon Kenedy Aziz, dan Lizda Hendra Joni.

Di Pasie Laweh, Risma menemui warga terdampak longsor yang kini mengungsi di beberapa rumah warga. Salah satunya adalah Kesayangan Nduru (21), anak satu-satunya yang selamat dari satu keluarga yang tertimbun longsor, Rabu, 29 September lalu.

Nduru yang tampak masih terpukul, disemangati oleh Risma agar tetap kuat dan tabah. "Kamu harus kuat, kamu harus kuat. kamu tidak sendiri, ada kami disini," ucap Risma sambil mengenggam kedua tangan mahasiswa yang akan wisuda Oktober ini.

Baca Juga

Dalam kesempatan itu, Risma menyerahkan dana bantuan untuk korban meninggal kepada Nduru sebanyak Rp105 juta. Nduru yang ditemani kakeknya berharap Nduru mendapatkan pekerjaan setamat kuliah nanti.

Risma meminta Nduru untuk fokus menyelesaikan kuliahnya terlebih dahulu. Jhon Kenedy Aziz pun mengatakan akan merekomendasikan Nduru untuk bekerja di Kemensos setelah tamat kuliah nanti.

"Saya akan merekomendasikan supaya kamu nanti bisa bekerja di Kemensos," ujar JhonKeneddy yang direspon anggukan oleh Menteri Tri Rismaharini.

Di Pasie Laweh, Risma juga menyerahkan bantuan untuk pengobatan korban longsor yang luka, sebanyak Rp5 juta. Sekaligus mendata rumah yang terkena longsor untuk menerima bantuan rehab rumah.

Rombongan kemudian beranjak ke Ulakan, melihat lomasi sekaligus korban bencana banjir. Disini, Risma menyerahkan santunan untuk korban meninggal dan bantuan sembako dan makanan anak untuk 209 keluarga yang terdampak bencana banjir.

Warga Nagari Ulakan, kepada menteri mengeluhkan kondisi mereka yang hampir tiap tahun menjadi korban banjir. Mereka berharap perhatian pemerintah daerah maupun pusat agar membangun tanggul pengaman di muara sungai.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, menyampaikan terima kasih atas kunjungan Menteri Risma. Gubernur mengatakan, Pemprov Sumbar bersama Pemkab Padang Pariaman telah melakukan penanganan darurat dan merelokasi warga korban longsor dan banjir.

"Atas nama Pemerintah Provinsi kita mengucapkan terima kasih atas perhatian Bu Menteri Risma dan sesuai arahan dan masukan bu menteri kita bersama Pemkab Padang Pariaman akan melakukan pendataan wargabyang terdampak. Termasuk juga soal pembangunan tanggul di muara Sungai Ulakan segera kita tundaklanjuti melalui OPD terkait," ungkap Mahyeldi. (*/bi)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru