Jadi Tuan Rumah, 173 PTN Hadiri LIDM Tingkat Nasional 2021 di Unand

  • Cetak

PADANG, binews.id -- Sebanyak 1.495 tim dari 173 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia mengikuti Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Nasional 2021.

Mengusung tema "Peran Inovasi Digital Mahasiswa dalam mengimplementasikan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Menuju Indonesia Bangkit Berkompetisi Abad 21" dilaksanakan secara daring.

Acara ini secara resmi dibuka oleh Rektor Universitas Andalas (Unand), Prof. Dr. Yuliandri, SH.MH sebagai tuan rumah penyelenggaraan yang ditandai dengan pemukulan gandang bersama Rizal Alfian, S. Kom, MA Koordinator Pokja Puspresnas, dan Wakil Rektor III Universitas Andalas Ir. Insannul Kamil, Ph. D, Jumat (17/9) di Grand Zuri, Padang.

Baca Juga

"Atas nama Civitas akademika Universitas Andalas (Unand), mengucapkan terimakasih dan penghormatan atas kepercayaan yang telah diberikan Puspresnas Kemendikbud Republik Indonesia pada Unand," kata Yuliandri mengapresiasi.

Selain itu, disampaikan rektor kegiatan ini menjadi pentas nasional bagi mahasiswa se-Indonesia untuk saling berbagi gagasan, saling berkabar perkembangan dalam kreativitas dan inovasi, kolaborasi kebangsaan yang akhirnya mampu merawat ruang persahabatan dan kebersamaan bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk Indonesia Maju.

Sementara itu, PLT Kepala Puspresnas, Asep Sukmayadi, mengapresiasi pelaksanaan LIDM yang berlangsung di Ranah Minang. Harapannya semakin banyak inovasi-inovasi yang muncul dan bisa dirasakan manfaat bagi masyarakat dari pergelaran acara ini. Acara pembukaan menyuguhkan berbagai penampilan seni budaya Minangkabau

Wakil Rektor III Universitas Andalas, Ir. Insannul Kamil, Ph. D, mengatakan pelaksanaan LIDM tahun ini terdiri dari lima divisi lomba diantaranya Divisi Inovasi Teknologi Digital, Inovasi Materi Digital Pendidikan, Video Digital Pendidikan, Poster Digital Pendidikan, dan Microteaching Digital.

"Kegiatan di Universitas Andalas menjadi gelaran yang ketiga kalinya, dimana tahun 2019 dan 2020 Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menjadi tuan rumah dari kompetisi nasional bergengsi ini," jelas Wakil Rektor III

LIDM tahun 2021, lanjut Insannul Kamil, menunjuk Universitas Andalas sebagai tuan rumah yang merupakan agenda dari Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud). Kegiatan ini juga bagian dari rangkaian perayaan Dies Natalis Universitas Andalas yang ke 65 dan Lustrum XIII. (*/bi)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru