Dihadiri Jokowi dan Nadiem Makarim, Dies Natalis ke-65 dan Lustrum XIII Unand Bertabur Prestasi

PADANG, binews.id --

Dies Natalis ke-65 dan Lustrum XIII Unand terasa istimewa. Selain mendapat ucapan selamat dari Presiden Joko Widodo dan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Unand juga meraih sejumlah prestasi.

Prestasi paling membanggakan adalah, telah berubahnya status Unand dari Badan Layanan Umum (BLU) menjadi PTN-BH (Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum). Unand tetap berada pada Klaster I di peringkat 13 berdasarkan QS World University Rangking.

"Ini merupakan perjuangan kita yang sudah cukup lama. Estafet tiga rektor,"ujar Rektor Unand Yuliandri, Senin (13/9/2021).

Baca Juga

Capaian lainnya, lanjut Yuliandri, 12 dari 15 program studi (Prodi) sarjana (S1) di Unand telah terakreditasi atau sertifikasi internasional. Unand tetap berada pada Klaster I di peringkat 13 berdasarkan QS World University Rangking.

"Terdiri dari empat prodi di Fakultas Teknik, yakni Teknik Industri, Teknik Mesin, Teknik Lingkungan, dan Teknik Elektro dengan akreditasi ABET/IABEE (Accreditation Board for Engineering and Technology/Indonesia Accreditation Board for Engineering). Selanjutnya, tujuh prodi yang mendapatkan sertifikasi internasional AUN-QA (Asean University Network Quality Assurance) yaitu Manajemen, Ekonomi, Farmasi, Fisika, Akuntansi, Biologi, dan Pendidikan Dokter,"ujarnya.

Yuliandri mengatakan Unand menargetkan adanya penambahan prodi yang terakreditasi internasional hingga akhir tahun 2021. Sementara itu, untuk akreditasi dalam negeri, kata Yuliandri, 126 prodi sudah terakreditasi A dan B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes). "Saat ini, 44% prodi terakreditasi A. Kita menargetkan pada masa transisi PTN-BH ini sebanyak 60% prodi terakreditasi A," ujarnya. Yuliandri juga memaparkan sejumlah prestasi dari dosen dan mahasiswa, baik di bidang akademik maupun non-akademik juga menambah daftar capaian Unand di usianya yang ke-65 tahun. "Untuk pertama kali, mahasiswa Unand meraih juara pertama dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres 2021) atas nama Refa Rahmadiansyah," kata Yuliandri.(*/bi)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru