Wagub Audy Sebut Sumbar Punya Potensi Energi Terbarukan yang Melimpah

PADANG, binews.id -- Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, menyebutkan Provinsi Sumbar memiliki sumber daya energi terbarukan yang melimpah. Salah satunya potensi energi dari panas bumi yang memiliki potensi hingga 1.705 MW.

Hal itu dikatakan Wagub Audy saat menjadi pembicara dalam webinar membangun komitmen pemerintah dalam mendukung energi yang berkualitas dan ramah lingkungan yang diselenggarakan Pertamina Kamis (9/9/2021), kemarin.

"Potensi ini tersebar di 20 titik lokasi, 1 wkp Wipinang, Muaro Labuh, Solok Selatan. Ini sudah dikembangkan oleh dimana tahap satu telah menghasilkan 85 megawatt," katanya.

Baca Juga

Selain itu 2 lokasi juga sudah di wkp yaitu Gunung Talang, wkp Sumani dan Solok. Energi tentunya harus dikekola khusus kemanfaatannya nasional.

"Oleh sebab itu pemerintah daerah Provinsi Sumatera Barat juga telah menyusun rencana umum energi daerah," katanya.

RURD yang sudah ditetapkan melalui Peraturan Daerah No. 11 tahun 2019 tentang suara umum energi daerah 2021 sampai 2050 RUEB berfungsi dan disusun untuk melihat kebutuhan akan pemerintah energi serba di alam.

"Dan yang akan mendukung dalam RUED Provinsi Sumatera Barat yang menargetkan penggunaan energi terbarukan pada tahun 2005 pemerintah sumatera sudah meningkatkan pemanfaatan," katanya.

(*/bi)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru