Nevi Zuairina Sampaikan Cara Menjadi Keluarga Inspiratif

  • Cetak

PADANG PARIAMAN, binews.id -- Anggota DPR RI asal Sumatera Barat II, Nevi Zurairina, menjadi pembicara dalam seminar parenting keluargaku surgaku di hall IKK Kantor Bupati Padang Pariaman, Rabu (8/9/2021).

Nevi mengatakan, acara ini sangat spesial di Padang Pariaman karena juga turut hadir Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, dan Kepala Dinas Pendidikan Padang Pariaman.

"Ungkapan 'Keluargaku Surgaku' menggambarkan sebuah kehidupan rumah tangga yang aman, nyaman, damai, dan tentram. Kondisi layaknya surga ini juga menunjukkan tanda-tanda kebahagiaan setiap penghuninya yang jauh dari perasaan resah, gelisah dan tak tenang," tutur Nevi membuka seminar dengan tema 'Pasangan Keluarga Inspiratif'.

Baca Juga

Legislator Sumbar ini mengutip hadis Riwayat Ath Thabrani 'barangsiapa menikah, maka ia telah melengkapi separuh dari agamanya'. Dan hendaklah ia bertaqwa kepada Allah SWT dalam memelihara yang separuhnya lagi.

Politisi PKS ini menyampaikan, untuk menjadi pasangan inspiratif mesti memiliki pedoman dasar yang dipegang kuat. Diantara dasar hukumnya adalah UU Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan; Al-Qur'an Surat An Nur Ayat 32 dan Al-Quran Surat Ar Rum Ayat 21.

"Untuk mengawali keluarga inspiratif, pasangan suami istri mesti menyiapkan dan membangun diri untuk membentengi akhlak yang mulia, memenuhi tuntutan naluri manusia yang asasi, menegakkan rumah tangga yang harmoni, meningkatkan ibadah kepada Allah SWT dan berusaha mendidik keturunan yang shalih," ucap Nevi.

Nevi yang juga duduk di Komisi VI DPR RI menyampaikan, cara menjadikan rumah laksana surga. Beberapa cara di antaranya sudah ada panduan bagaimana cara menciptakan rumah laksana surga di antaranya, menjadikan agama sebagai fondasi, rumah sarana beribadah dan berdo'a kepada Allah SWT.

Saling berbagi peran antara suami, istri dan anak-anak, serta selalu berkomunikasi dengan baik, selalu pupuk rasa cinta dan kasih sayang dalam keluarga, didik anak dengan pola asuh yang baik dan perlihatkan keteladanan dan jika ada konflik, atau beda pendapat, segera dikomunikasikan dengan baik dan bijaksana, tidak dalam kondisi marah.

"Agama memiliki peran penting dalam membentuk keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah karena agama merupakan ketentuan-ketentuan Allah SWT yang membimbing dan mengarahkan manusia menuju kebahagiaan dunia dan akhirat. Dengan idealnya keluarga seperti ini, insha Allah SWT akan terbentuk keluarga yang inspiratif dimana mencakup ketahanan keluarga yang akan membentuk ketahanan negara," tutup Nevi Zuairina. (*/bi)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru