Bobot Sudah 60 Persen, Pengerjaan Pengendalian Banjir Batang Suliti Solsel Terus Dikebut

Ragam-477 hit

SOLSEL, binews.id -- Proyek pembangunan pengendalian banjir Batang Suliti, Muara Labuh, Solok Selatan (Solsel) memasuki bobot pekerjaan sekitar 60 persen per tanggal 30 Agustus 2021.

Dikatakan Project Manager PT Putra Kencana, Ir. Rony Asral, mengatakan, dimana pekerjaan yang sedang berjalan ini masih terlihat alat berat yang sedang bekerja menggali untuk pembentukan konstruksi penyangga tebing penahan banjir.

"Ada pun konstruksi tersebut dari pasangan batu kali dan balok pengunci beserta tiang sejarak 3 m2, tiang cor beton bertulang K.225. Dan secara keseluruhan sampai saat ini realisasi pekerjaan tersebut berjalan lancar aman dan terkendali," katanya kepada binews.id Minggu (29/8/2021) di lokasi pengerjaan.

Baca Juga

Dikatakannya, kendala yang terjadi saat ini masih dalam hal pembebasan lahan di area lokasi pekerjaan tersebut. Yang mana pembebasan lahan 100 persen belum, tetapi pihak kontraktor PT Putra Kencana sudah melaksanakan pekerjaan dengan cara persuasif ke masyarakat sehingga pelaksanaan pekerjaan sampai selesai tidak terkendala.

"Kita mengharapkan kepada pihak Pemda Solsel dan instansi terkait agar secepatnya menyelesaikan bembebasan lahan di lokasi pekerjaan ini. Mengingat waktu pelaksanaan sudah berjalan kurang lebih 180 hari kalender atau lebih kurang 6 bulan," ujarnya.

Pengerjaan awal kontrak kerja 24 Februari tahun 2021 sampai 24 Desember 2021 (330 kalender). Proyek ini menggunakan anggaran APBN sebesar Rp35.600.000. Sebagai Kontraktor pelaksana PT Putra Kencana. Sebagai Konsultan MK (Managemen Kontruksi untuk pengawasan ( suvervisi) PT Giodinamik (KSO) dan PT Yasa Kreasindo Cemerlang.

Lanjutnya, pada Selasa, 24 Agustus kemarin, Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera V Kementrian PUPR juga telah melakukan kunjungan ke proyek Pengendalian Banjir Batang Suliti Muara Labuh Solok Selatan.

"Dalam hasil kunjungan beliau berpesan agar penyelesaian proyek ini tepat waktu sesuai dengan kontrak kerja," tutupnya. (*/HNV)

Komentar

Berita Terbaru