Pimpin Peringatan HUT RI ke-76, Gubernur Sumbar : Sekarang Kita Berjuang Melawan Musuh Tak Terlihat

PADANG, binews.id -- Pemprov Sumbar memperingati HUT RI yang ke-76 dengan menggelar upacara di halaman Komplek Gubernuran, Selasa (17/8/2021).

Upacara di halaman Komplek Gubernuran ini (komplek Gubernuran terdiri dari rumah jabatan Gubernur, Auditorium dan Istana merupakan untuk pertamakalinya digelar sejak berdirinya Pemprov Sumbar.

Upacara di tengah pandemi, Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, mengingatkan bahwa 76 tahun Indonesia Merdeka adalah momen dimana bangsa Indonesia kembali diuji jiwa pengorbanannya. Semangat kepahlawanan pun kembali bermunculan di sekitar kita.

Baca Juga

Jika dahulu pengorbanan melawan penjajah, katanya, saat ini berjuang menghadapi musuh yang tak terlihat, yang tak membedakan siapa yang diserangnya, bermutasi dan menyebar ke setiap penjuru negeri.

"Merah putih (bendera, red) kita bisa berkibar dengan pengorbanan yang luar biasa. Pascaproklamasi belanda tak senang dan tidak mengakui, sehingga banyak peristiwa besar yang terjadi di berbagai daerah termasuk PDRI di Sumbar," kata Mahyeldi.

"Alhamdulillah, masyarakat Sumbar cukup antusias dengan hari kemerdekaan ini dengan mengibarkan bendera di rumah masing-masing. Bahkan di Pesisir Selatan saya lihat agak spesial, disamping merah putih juga ada marawa, ini bukti kecintaan masyarakat pada NKRI. Mudah-mudahan bisa terus dipertahankan sampai 31 Aguatus," lanjut Mahyeldi.

Ditambahkan Gubernur, 76 tahun Indonesia Merdeka adalah saat krusial bagi semua untuk melakukan langkah-langkah yang penting dan benar dalam mengatasi tantangan, serta mengesampingkan hal-hal yang dapat mengganggu keberhasilan perjuangan.

Gubernur juga memberi apresiasi pada seluruh tamu undangan yang hadir serta penyelenggara upacara, khususnya pada Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Sumbar yang telah tampil dengan baik selama upacara berlangsung.

"Saya ucapkan terima kasih pada semua tamu undangan yang hadir maupun mengikuti secara virtual serta penyelenggara upacara, termasuk Paskibraka. Luar biasa penampilannya, saya gembira sekali. Paskibraka ini memang harus dilibatkan terus dalam pengibaran bendera merah putih. Diharapkan kabupaten kota bisa menyiapkan ini karena Paskibraka ini telah terseleksi, terlatih dan mereka menghayati betul pengibaran Merah Putih," kata Mahyeldi.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, berpesan agar masyarakat Sumbar tetap jaga protokol kesehatan. Mengingat saat ini telah terjadi penurunan kasus dan berharap kedepan semakin membaik sehingga roda perekonomian semakin meningkat.

"Kita harus membereskan masalah Covid-19 ini dari hulu. Kita fokus kesitu. Saat ini sudah mulai turun angkanya di Sumbar dan juga berbagai daerah di Indonesia. Kita tahan disitu, kalau bisa diturunkan lagi supaya cepat bergerak segala sesuatunya," ujar Audy yang akrab_ dipanggil Uda Wagub.

"Kalau prediksi kami dengan para ahli, mungkin dua minggu lagi lebih baik, tapi tetap jaga prokes ya. Tetap jaga prokes, semangat, merdeka !" tegas Audy.

Upacara HUT RI ini dijalankan dengan protokol kesehatan. Jumlah peserta yang hadir dibatasi dan memakai masker serta menjaga jarak selama berjalannya upacara mulai pukul 07.00 - 07.28 WIB. (*/bi)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru