Gubernur Luncurkan Aplikasi Smart Sumbar Madani, Ini Keunggulannya

  • Cetak

PADANG, binews.id -- Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, meluncurkan aplikasi Smart Sumbar Madani untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses ribuan judul buku secara daring.

"Ada ribuan buku dalam aplikasi ini mulai untuk murid SD hingga siswa SMA yang bisa diakses kapan saja. Juga ada video pembelajaran bahasa inggris. Aplikasi ini akan membantu meningkatkan kualitas SDM masyarakat Sumbar," katanya di Istana Gubernuran, Padang, Selasa (10/8/2021).

Gubernur mengatakan aplikasi tersebut merupakan hibah dari salah satu perusahaan di Pekanbaru. Seluruh programer yang terlibat dalam pembuatan aplikasi adalah para perantau Minang.

Baca Juga

Menurutnya upaya Pemprov Sumbar untuk menciptakan generasi muda yang berkualitas dan berdaya saing sangat terbantu dengan aplikasi tersebut.

Selain Smart Smbar Madani, juga diserahkan aplikasi diantaan yang merupakan aplikasi transportasi daring, aplikasi e-community yang bertujuan untuk membantu pemasaran produk komoditas unggulan Sumbar serta aplikasi Sumbar Explore untuk memberikan informasi seputar pariwisata Sumbar bagi wisatawan.

"Jadi yang baru mendarat di BIM bisa mengakses aplikasi Sumbar Explore untuk memilih destinasi yang ingin didatangi," ujar Gubernur.

Ia meminta Dinas Kominfotik Sumbar untuk mengembangkan dan memperbaharui informasi dalam aplikasi itu secara berkala sehingga masyarakat mendapatkan info terbaru.

Inisiator pembuatan sejumlah aplikasi tersebut, Azmi mengatakan aplikasi itu adalah bentuk keinginan perantau Minang untuk ikut berkontribusi dalam pembangunan kampung halaman.

Sementara itu, Programer, Hanif, menerangkan aplikasi Smart Sumbar Madani membuka ruang bagi siapa saja untuk mengunggah buku secara daring. Buku yang diunggah itu akan disaring oleh tim Kominfo Sumbar.

Aplikasi itu sedang dalam masa verifikasi oleh Aps store, diharapkan dalam waktu dekat bisa diunggah oleh seluruh masyarakat.

Sementara aplikasi diantaan selain untuk akses transportasi online juga bisa dimanfaatkan untuk jual beli barang.

Aplikasi e-comodity memiliki banyak menu seperti pertukangan, hasil bumi dan beberapa menu lain. Dalam aplikasi itu dimungkinkan pula kegiatan trading komoditas unggulan Sumbar.

Sedangkan aplikasi sumbar explore untuk memberikan informasi guna meningkatkan pengalaman pariwisata wisatawan di Sumbar. Dengan aplikasi itu wisatawan bisa mengakses informasi tempat wisata terdekat serta mengetahui fasilitas dan akomodiasi di tempat wisata tersebut.

Ia berharap aplikasi tersebut akan bisa membantu mengembangkan potensi Sumbar dalam banyak hal. (*/bi)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru