Guspardi Gaus Sebut Wartawan Garda Terdepan Paling Efektif Mensosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan

PADANG, binews.id - Anggota DPR/MPR RI, H. Guspardi Gaus M. Si, politisi PAN mengatakan, rekan- rekan wartawan adalah garda terdepan paling efektif mensosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan.

"Sebab elemen jurnalis sebagai pilar keempat demokrasi akan menyampaikan lewat narasi jurnalisnya kepada masyarakat pembaca," ujar Guspardi Gaus saat laksanakan sosialisasi empat pilar kepada jurnalis se Sumbar, Jumat 9/4-2021 di Auditorium UIN Imam Bonjol Padang.

Empat Pilar Kebangsaan meliputi Pancasila, Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhineka Tunggal Ika dan Ketetapan MPR, Guspardi mengatakan menyampaikan program MPR ini ke wartawan sangat efektif.

Baca Juga

Oleh karena itu mantan Wakil Ketua DPRD Sumbar ini sengaja mengundang rekan- rekan Jaringan Pemimpin Redaksi (JPS) Sumbar serta wartawan lainnya untuk sharing tentang Empat Pilar Kebangsaan.

"Selain itu untuk memperkukuh silaturahmi jelang memasuki bulan suci ramadhan yang tinggal empat hari lagi," ujar Guspardi.

Guspardi Gaus juga ungkapkan kalau dia berkembang maju dari dunia wartawan juga, karena pernah melahirkan koran kampus sewaktu aktif menjadi mahasiswa dulu Majalah Ijtihad.

Menurut Guspardi Gaus, pihaknya mendorong, agar para wartawan mengingatkan pengambil kebijakan atau memberikan kontrol sosial kepada seluruh lapisan masyarakat.

"Ingat fungsi wartawan yakni memberikan masukan dan kontrol kepada seluruh lapisan masyarakat. Kita mengajak kepada masyarakat Indonesia berjumlah lebih kurang 250 juta jiwa ini, agar pemahaman Pancasila jangan ditafsirkan salah, bagaimana pancasila dapat dilaksanakan sesuai founding fathers kita," ujar Guspardi Gaus.

Guspardi Gaus yang anggota Komisi II DPR RI mengatakan bhineka tunggal ika merupakan khazanah berbangsa Indonesia, karena merupakan sunnatullah, maka untuk keberagaman dan kesatuan dan persatuan harus diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Kita mengajak rekan- rekan wartawan dapat memberikan wawasan kepada masyarakat serta berkolaborasi untuk kemajuan Indonesia," ujar Guspardi Gaus merupakan Anggota Pansus Otsus Papua.

Selanjutnya, Guspardi Gaus juga mengingatkan wartawan untuk selalu mencintai profesinya, dan apapun pekerjaan yang diridhoi Allah.

"Bekerja bagi saya adalah bagian dari hobi. Sehingga saya bekerja dengan rasa kecintaan dan dedikasi. Saya rajin mengikuti semua agenda di DPR maupun di MPR. Kecintaan terhadap pekerjaan membuat saya mampu berhadapan dengan politisi-politisi yang sudah lama malang-melintang di Senayan. Saya kembali merasa muda saat bekerja melayani masyarakat di Gedung Parlemen," pungkasnya.

Guspardi Gaus juga menyampaikan, DPR RI telah meloloskan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2021.

"Fraksi PAN meminta supaya yang dibahas adalah tentang lembaga bukan tentang Ideologi Pancasilanya. Jangan sampai menimbulkan polemik ditengah masyarakat dan melanggar ketentuan-ketentuan yang sudah mengayomi," ujarnya. (*/bi)

Penulis: Imel | Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru