Dikabarkan Lima Hari Hilang di Laut, Dua Nelayan di Mentawai Berhasil Diselamatkan

MENTAWAI, binews.id - Dua nelayan menggunakan perahu yang dikabarkan belum kembali selama lima hari sudah berhasil ditemukan salah satu kapal Bagan yang kebetulan melintasi lokasi kejadian di perairan pulau Taitaitanopo, Kecamatan Pagai Selatan, Kabupaten kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat, Senin (05/4/2021).

Kakansar Mentawai, Akmal, S.Sos menerangkan, dua nelayan tersebut yakni Videlius pundes (30) dan Esnidal (40). informasinya, dua nelayan ini pada tanggal 1 April 2021, sekira Pukul 09.00 WIB, melakukan perjalanan dari Taikako hendak menuju pulau taitaitanopo.

Setelah beberapa hari berjalan, pada tanggal 5 April sekira pukul 09.00 WIB dua nelayan ini belum juga kembali dan pihak keluarga melapor ke polsek sikakap.

Baca Juga

"Informasi ini kita terima dari Wakapolsek sikakap, Ipda, Yanuar yang langsung menghubungi basarnas mentawai, bahwa ada dua orang nelayan yang belum kembali" terang Kakansar Akmal, S.Sos kepada media, Senin (05/4/2021)

Disebutkannya, peristiwa ini memang beberapa hari sebelumnya terjadi cuaca ekstrim di wilayah kepulauan Mentawai, bahkan kapal penumpang juga tidak bisa melakukan pelayaran karena kondisi cuaca tidak memungkinkan.

Setelah mendapat informasi dari Wakapolsek Sikakap, Tim SAR gabungan yang terdiri dari Tim Rescue SAR Mentawai, TNI/POLRI; BPBD dan Masyarakat dengan menggunakan KN Ramawijaya turun menuju lokasi.

Dalam perjalanan lebih kurang 30 menit di dapatkan informasi dari petugas Kom Kansar Mentawai melalui Wakapolsek Sikakap, Ipda Yanuar bahwa dua nelayan telah ditemukan Kapal Nelayan (Bagan) dalam kondisi selamat.

"Kedua nelayan itu sudah diserahkan Tim gabungan SAR Mentawai ke pihak keluarga di Taikako, Kecamatan Sikakap" sebut Kakansar Mentawai.

Dengan ditemukan kedua nelayan yang dikabarkan belum kembali itu, untuk operasi SAR diusulkan ditutup dan semua unsur yang terlibat kembali di kesatuan masing-masing.

Perlu diketahui lagi bahwa dalam kondisi cuaca yang tidak memungkinkan untuk beraktivitas di laut, Akmal menghimbau kepada nelayan untuk memperhatikan cuaca dengan berpedoman dari informasi BMKG, agar tidak terjadi yang diinginkan. (znl)

Penulis: Imel | Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru