Tim SAR Berhasil Evakuasi 4 Penumpang Kapal Mati Mesin di Perairan Mentawai, Begini Keadaannya

MENTAWAI, binews.id - Tim SAR Gabungan Mentawai berhasil mengevakuasi empat orang penumpang Kapal Long Boat yang mati mesin di Perairan Batu Tongga, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Jumat (2/4/21).

"Usai menerima laporan kecelakaan kapal mati mesin itu, Tim SAR Gabungan langsung bergerak cepat lakukan pencarian dan pertolongan terhadap kapal Loang Boat yang sudah terapung apung di lokasi kejadian," ujar Kepala Kantor SAR (Kakansar) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Akmal, S.Sos.

Kakansar Akmal mengatakan, saat tim SAR gabungan lakukan evakuasi, cuaca berawan dengan kecepatan angin 5 sampai 25 Knots dan tinggi gelombang 1,25 hingga 2,5 meter.

"Kapal Long Boat ini mati mesin pada hari Jumat, 2 April 2021, sekira Pukul 10.00 WIB, 4 orang berangkat dari desa Malilimok, Kecamatan Siberut Barat Daya, Mentawai hendak menuju dermaga Tuapejat, sekira pukul 16.00 wib Long Boat mengalami mati mesin di perairan Batu Tongga Kecamatan Sipora Utara," terang Akmal.

Setelah dilakukan pencarian, tim SAR gabungan berhasil menemukan Kapal dan 4 orang korban sekira pukul 18.05 wib dalam keadaan selamat, diantaranya, Sofi (35) Laki-laki, Jokobus (35), Delpi (27) Laki-laki dan Iyel (33) Perempuan.

Alut yang digunakan dalam operasi SAR Gabungan kali ini yakni, KN SAR RAMAWIJAYA 240 Mentawai, RIB 02 MENTAWAI, ALKOM, ALBANAV, PAL EVAKUASI, PAL PROKES, AMC VEHICLE dan RESCUE DYMEX.

Unsur yang terlibat saat evakuasi 4 orang nelayan kecelakaan kapal kehabisan BBM ini yakni, Tim Rescue SAR Mentawai, TNI/POLRI, BPBD, Masyarakat dan Awak media.

"Dengan sudah ditemukan korban dalam kondisi selamat dan survivor diserahkan ke pihak keluarga, maka diusulkan operasi di tutup, semua unsur kembali ke kesatuan masing-masing," tutup Kakansar Akmal. (znl)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru