Pemenang Pilkada Pessel Telah Ditetapkan, Ketua KPU Pessel Minta Masyarakat Terima Keputusan

PAINAN, binews.id - Ketua KPU Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera Barat Efaldi Bahar meminta kepada masyarakat Pesisir Selatan dapat menerima keputusan KPU Pessel terkait penetapan pemenang Pilkada 2020 lalu dan kalau ada yang keberatan silahkan kepada pihak yang berwenang.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Pesisir Selatan Sumbar Efaldi Bahar ketika memimpin Rapat Pleno penetapan pemenang Pilkada Pessel di Hotel Hannah Painan, Jumat (19/2).

Menurut Efaldi Bahar keputusan yang disampaikan KPU Pessel sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku dan sudah sesuai tahapan.

Baca Juga

"Jadi masyarakat hendaknya dapat menerima karena ini sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku tidak ada hal lain," ujar Efaldi Bahar

Termasuk isu yang berkembang KPU Pessel menunda-nunda penetapan pemenang Pilkada Pessel 2020 padahal tidak. Ini dilakukan mengingat ada pasangan calon yang menggugat ke MK jadi belum dapat kita tetapkan pemenangnya dulu namun seiring dengan keluarnya keputusan MK maka KPU Pessel langsung melakukan penetapan pemenang Pilkada Pessel 2020 lalu.

"Baru dua hari yang lalu atau Rabu ( 17/2) kita dapat keputusan MK melalui daring hari ini langsung kita laksanakan rapat pleno penetapan pemenang, jadi bukan ditunda-tunda," tegasnya.

Juga kepada masyarakat yang lainnya agar dapat menerima keputusan KPU karena ini sudah sesuai peraturan yang berlaku jangan tidak diterima kalaupuna ada yang keberatan kan ada lembaga yang berwenang, katanya meyakinkan.

Rapat pleno KPU Pessel menetapkan pasangan calon nomor urut 2 Rusma Yul Anwar-Rudi Hariansyah sebagai pemenang.

Sebagaimana diketahui Pilkada Pessel 2020 adalah pasangan nomor urut 2 yakni Rusma Yul Anwa-Rudi Hariansyah dengan perolehan suara 128.922 suara atau 57,24 persen," kata Ketua KPU Pesisir Selatan Epaldi Bahar usai pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara Pilkada 2020 di Painan, Rabu (16/12).

Sementara, pasangan nomor urut satu Hendrajoni-Hamdanus meraih 86.074 suara atau 38,22 persen, dan berikutnya pasangan nomor urut tiga Dedi Rahmanto Putra-Arfianof Rajab meraih 10.220 suara atau 4,54 persen. (on)

Penulis: Imel | Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru