Prof. Irwan Prayitno Resmi Sandang Gelar Dosen Luar Biasa dari UNP

  • Cetak

PADANG, binews.id -- Universitas Negeri Padang ( UNP ) mengukuhkan Prof. Dr. H. Irwan Prayitno M.Sc. Psikolog sebagai Dosen Luar Biasa Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, dalam Rapat Senat Terbuka UNP secara daring dan luring, di Auditorium UNP, Senin (15/2/21).

Pada rapat senat terbuka UNP Pengukuhan Dosen Luar Biasa tersebut, Prof. Dr. Irwan Prayitno, M.Sc, Psikolog menyampaikan orasi ilmiah yang berjudul "Strategi Pembelajaran dengan Pendekatan Psikologis dan Hati Nurani (Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19)".

Irwan Prayitno mengatakan, Pembelajaran adalah proses dimana berpindahnya perbuatan, ilmu pengetahuan, tingkah laku, dan emosi, yang merupakan interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar.

Baca Juga

"Manusia dalam menjalankan kehidupannya memerlukan proses pembelajaran. Dimana orang tua berperan dalam mengarahkan anak untuk mendapatkan pendidan terbaik, sehingga mengharapakn mendapatkan sekolah terbaik dengan guru ideal," sebutnya.

Untuk mendapatkan guru ideal, Irwan Prayitno memaparkan, bisa dilakukan dengan pendekatan psikologis, pendekataan hati, pendekatan spiritual dan pendekatan budaya sekolah.

"Untuk mendapatkan guru ideal, dibutuhkan upaya-upaya tertentu, diiringin dengan kesabaran dan pengorbanan. Guru ideal tidak bisa lahir secara instan tapi membutuhkan proses,"ungkap Irwan.

Dimasa pandemi Covid-19 , pembelajaran bisa dilakukan dengan menggabungkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dengan daring, agar didapat hasil yang optimal. PTM memiliki kelebihan dan kekurangan. Demikian pula pembelajaran daring, memiliki kelebihan dan kekurangan. Sekolah dan guru bisa menyesuaikan kegiatan pembelajaran dengan melihat kondisi yang ada.

Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Ganefri mengatakan, Irwan Prayitno memang Ahli dalam bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Secara substansi keilmuan, Kata Ganefri, Prof. Dr. Irwan Prayitno, S.Psi, M.Sc sangat layak menerima Pengukuhan ini, karena UNP membutuhkan Dosen Luar Biasa dalam bidang Psikologi untuk Program Studi S1 Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan ( FIP ), dan sekaligus akan memperkuat proses berdirinya Fakultas Psikologi di UNP.

"Dengan kehadiran bapak Prof. Irwan Prayitno di UNP ini menyumbang ilmunya untuk Pendidikan Psikologi mudah-mudahan akan memperkuat SDM Dosen UNP, khususnya dalam bidang keilmuan Psikologi, selain itu UNP juga belum memiliki Dosen Luar Biasa bidang Psikologi," ujar Ganefri.

Jurusan Psikologi FIP cukup populer di UNP, terbukti peminatnya masuk dalam 10 besar dari 107 jurusan di UNP. (mel)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru