Anggota Komisi V DPRD Sumbar Dorong Pemerintah untuk Segera Realisasikan Anggaran Penanganan Covid

  • Cetak

PADANG, binews.id - Anggota Komisi V DPRD Sumbar Gustami Hidayat, dorong pemerintah provinsi segera merealisasikan anggaran penanggulangan virus corona (Covid-19) yang disetujui pada perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2020. Dengan dana tersebut, diharapkan kinerja pencegahan Covid-19 lebih optimal, belum lama ini.

" Pada perubahan APBD disepakati sekitar Rp 16 miliar untuk peningkatan Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, jika terealisasikan masyarakat tidak perlu waktu lama untuk mengetahui hasil tes swab yang biasanya tiga hari," ujarnya.

Dia mengatakan, pemerintah harus hadir untuk menutup kekurangan fasilitas kesehatan yang memiliki peran penting dalam penanganan Covid-19. Dana tersebut juga dianggarkan untuk insentif tenaga kesehatan. Jangan seperti sebelumnya, tes sekarang keluarnya tiga hari.

Dilanjutkannya, petugas labor juga dituntut bekerja lebih cepat, jika sampel masuk pagi sore hasilnya sudah keluar. Harus ada konsekuensi yang ditimbulkan, karena telah dianggarkan kinerja mesti lebih meningkat.

Dia mengatakan, pemerintah telah melakukan upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pencegahan Covid-19, salah satunya melahirkan paraturan daeran.

" Masyarakat tidak boleh abai, nyatanya Covid-19 telah banyak memakan korban jiwa," katanya.

Dia mengatakan banyak masyarakat yang termakan akan pemahaman salah, dan menganggap corona adalah permainan ataupun rekayasa.

Mestinya, kewaspadaan harus ditingkatkan untuk keselamatan bersama, pemerintah tidak akan mengahalangi aktivitas ekonomi yang telah berjalan, namun ada hal yang mesti dipatuhi tertuang dalam peraturan daerah (Perda) tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

"Protokol kesehatan harus tetap dijalankan meski kegiatan ekonomi telah berjalan," tegasnya. (Rel/DW)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru