Luruskan Kekeliruan Masyarakat, Guru Besar UI Jelaskan Perbedaan Vaksinasi dan Imunisasi

PADANG, binews.id -- Masyarakat kerap keliru membedakan vaksin dan imunisasi. Meluruskan kekeliruan tersebut, Guru Besar Universitas Indonesia (UI) Prof. Dr. Sri Rezeki S. Hadinegoro selaku Ketua Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) menjelaskan ada perbedaan antara imunisasi dan vaksinasi.

Prof. Sri mengatakan satu hal yang perlu diingat dari vaksin adalah zat biologis sehingga perlakuannya juga harus hati-hati, suhunya harus tertentu, penyimpanannya harus baik, tidak boleh sembarangan distribusi dan teratur.

"Sementara imunisasi merupakan proses bahwa setelah dimasukkan vaksin ke dalam tubuh bereaksi membuat antibodi atau kekebalan untuk mencegah infeksi di masa mendatang," ujar Prof.Sri dalam sosialisasi 'Vaksinasi untuk Negeri' yang diselenggarakan oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Jurnalis Ubah Laku, Sabtu, (31/10/2020).

Baca Juga

Vaksin adalah sediaan yang mengandung zat biologik sebagai antigen spesifik dari virus dan spesifik. Sementara vaksinasi adalah tindakan memberikan atau memasukkan vaksin ke tubuh untuk merangsang sistem imun.

"Perkataan vaksinasi dan imunisasi ini seringkali dipakai bersama-sama walaupun, walaupun sebetulnya ada sedikit perbedaan," katanya Prof. Sri Rezeki.

Vaksinasi kata Prof.Sri merupakan tindakan memasukan vaksin ke dalam tubuh untuk merangsang sistem imun.

Mengapa kita memerlukan vaksin?

1. Vaksin berguna untuk mencegah penyakit infeksi. Contohnya campak, polio, hepatitis B, TB, difteri, influenza dan lain-lain

2. Jika sebagian besar masyarakat divaksinasi maka kemampuan patogen untuk menyebar sangat terbatas dan kelompok yang tidak diimunisasi tetap sehat.

3. Jika banyak masyarakat yang telah kebal, hal ini akan memutus penularan kepada kelompok yang tidak dapat diimunisasi, misalnya bayi kecil dan penderita imunokompromais. (*)

Penulis: Imel | Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru