Menkopolhukam RI Mahfud MD Akan Berorasi Ilmiah Saat Dies Natalis NUP ke-66

  • Cetak

PADANG, binews.id -- Menkopolhukam RI, Mohammad Mahfud MD, dijadwalkan akan berorasi ilmiah dalam kegiatan Dies Natalis Universitas Negeri Padang (UNP) ke-66 pada 23 Oktober 2020 mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Rektor UNP Ganefri, kepada sejumlah wartawan Kamis (15/10/2020). Dikatakannya, UNP merupakan salah satu universitas hasil kebijakan perluasan mandat (wider mandate) Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Padang. Secara resmi pendirian (dies natalis) UNP ditetapkan pada tanggal 23 Oktober 1954.

Untuk itu, kegiatan utama dies natalis tahun 2020 yang bertepatan dengan tanggal Dies UNP ke-66 yaitu orasi ilmiah oleh Mohammad Mahfud MD.

Baca Juga

Lebih lanjut Prof Ganefri, menjelaskan bahwa perubahan yang dilalui UNP dapat diklasifikasikan dalam enam periode. Yaitu periode PTPG Batusangkar (1954 -- 1956), periode FKIP Unand Bukittinggi di Batusangkar (1956 -- 1958), periode FKIP Unand Padang (1958 -- 1964), periode IKIP Jakarta Cabang Padang (1964 -- 1965), periode IKIP Padang (1965-1999) dan Universitas Negeri Padang (1999 sampai sekarang).

"Keputusan Presiden Nomor 093 Tahun 1999 tentang Penugasan Perluasan Mandat (wider mandate) IKIP Padang menjadi Universitas Negeri Padang. Ini memberikan tugas untuk menyelenggarakan tridarma perguruan tinggi dalam spektrum yang lebih luas di bidang ilmu nonkependidikan di samping tetap mengembangkan ilmu kependidikan sebagai tugas utama (core competency)," kata Ganefri.

Perjuangan yang sangat kuat dan gigih oleh para pendiri dan pengembang UNP telah dilewati dengan proses yang sangat panjang. Ini patut dihapami serta dimaknai oleh seluruh Civitas Akademika UNP. Menurutnya, salah satu cara untuk kembali mengingat perjuangan tersebut dan memaknai nilai-nilai penting yang terkandung di dalamnya adalah melalui kegiatan Dies Natalis.

Ganefri berharap melalui kegiatan Dies Natalis ini sivitas akademika UNP dapat memahami kembali akan pentingnya menghargai dan memaknai sebuah perjuangan dalam mendirikan sebuah universitas. Serta meningkatkan silaturahmi sesama sivitas akademika.

"Sebagai perguruan tinggi dengan akreditasi A dan mahasiswa terbanyak, kita akan selalu berusaha meningkatkan fasiltas layanan prima demi melahirkan lulusan lulusan yang unggul dan bermatabat. Di tengah pandemi Covid-19, UNP tetap melakukan kegiatan-kegiatan akademik dan ekstrakurikuler dengan menyesuaikan kegiatan dengan kondisi terkini," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Ketua Panitia Dies Natalis ke-66 Yulkifli yang juga Dekan FMIPA menyampaikan bahwa tahun 2020 ini kegiatan Dies Natalis bertema Membangun SDM Unggul untuk Indonesia Maju di Tengah Pandemi. Kegiatan dies natalis ini akan berlangsung selama bulan Oktober-November 2020.

"Kegiatan yang dilakukan lainnya adalah bedah buku, pemberian penghargaan kepada dosen dan tendik, prodi, jurusan, dan fakultas dengan kinerja terbaik. Anjangsana ke tempat-tempat bersejarah yang terkait dengan UNP, beberapa kegiatan kemahasiswaan dan olah raga sepeda santai. Semua kegiatan akan dilakukan dengan memperhatikan protokoler kesehatan Covid-19," katanya. (rilis)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru