Libatkan Gakkumda dan Jurnalis, Ketua Bawaslu Sijunjung Akan Tindak Tegas Pelanggar Pilkada

Politik-58 hit

Agus Hutrial Tatul; Saya Telah Mewakafkan Diri untuk Mensukseskan Pilkada Ini. Tegur saya jika nanti ada kesalahan dalam menjalankan amanah ini. Silahkan Adukan saya ketingkat yang lebih tinggi jika ditemukan hal yang tidak seharusnya!

SIJUNJUNG, binews.id - Ketua Bawaslu Sijunjung, Sumatera Barat, Agus Hutrial Tatul, secara tegas akan menindak para pelanggar Pilkada.

"Jika ada yang melanggar dalam Pilkada dan ada ASN (aparatur sipil negara) yang tak netral. Kami (Bawaslu) bersama Gakkumdu (Penegakan Hukum Tindak Pidana Pemilu) dan melibatkan Jurnalis akan menindak dengan tegas.

Baca Juga

Ketua Bawaslu Sijunjung, Agus Hutrial Tatul juga mengimbau, agar setiap pasangan calon mematuhi aturan dan ketentuan yang ada pada setiap proses Pilkada.

"Saya telah mewakafkan diri untuk mensukseskan Pilkada ini. Tegur saya jika nanti ada kesalahan dalam menjalankan amanah ini. Silahkan adukan saya ketingkat yang lebih tinggi jika ditemukan hal yang tidak seharusnya," ungkap Ketua Bawaslu Sijunjung saat Rapat Pleno Pengundian dan pengambilan nomor urut Paslon Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung, pada Kamis (24/9/2020) di Gedung Pancasila Muaro.

Begitupun sebaliknya, kata Tatul , ia juga tak sungkan-sungkan untuk menindak bagi setiap pihak yang melanggar aturan Pilkada.

"Begitu juga sebaliknya, saya akan menindak tegas bagi pihak-pihak yang melanggar aturan. Jika pun itu sampai pada tindak pidana nantinya. Tangan mencincang bahu memikul, akan saya terapkan, dan untuk itu pula ASN diminta untuk netral," tegas Ketua Bawaslu Kabupaten Sijunjung itu.

"Mari kita sukseskan Pilkada ini bersama. Saling menjaga dan mentaati aturan yang ada. Kami di Bawaslu akan selalu berkordinasi dengan pihak Gakkumdu, Jurnalis dan anggota pengawas yang ada hingga ditingkat nagari. Siapa pun yang melanggar akan kita tindak sesuai aturan yang berlaku,"tegas Tatul mengingatkan.

Diakui Tatul, bahwa dari Paslon itu ada kedekatan emisonal dan kekeluargaan dengannya. Meski begitu, ia mengaku tak akan terpengaruh dan tetap memasang badan untuk menindak secara tegas bagi pelanggar Pilkada.

"Meski ada kedekatan kekeluarga dengan saya, kalau ada yang melanggar aturan tetap akan kita tindak. Tangan mencencang bahu memikul,"tegas Ketua Bawaslu itu dengan nada berapi.

"Buktikan, buktikan, kita lihat nanti,"ujar sejumlah tokoh parpol yang hadir di Gedung itu membuat suasana riuh dan menggema.

Dalam rapat pleno pentapan nomor urut yang dipimpim Ketua KPU Sijunjung, Lindo Karsyah itu, telah mentapkan pasalon Bupati dan Wakil Bupati.

Nomor Urut ;

1. Ashelfine-Sarikal

2. Endre Saifoel-Nasrul

3. Benny Dwifa Yuswir-Iraddatillah

4. Arrival Boy-Mendro Suarman

5. Hendri Susanto-Indra Gunala

(Ius)

Penulis: Imel | Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru