Staf Menkopolhukam Berkunjung ke Pemkab Solok, Tinjau Perkembangan Pangan dan Penanganan Covid-19

  • Cetak

AROSUKA, binews.id - Staf Menkopolhukam RI Bidang Koordinasi Pertahanan Negara lakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Solok, Rabu (5/8) bertempat di Guest House Arosuka.

Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM dalam sambutannya mengekspos terkait dengan profile dan potensi yang ada di daerah Kab. Solok. Selain itu, Bupati juga mengatakan bahwa dalam melaksanakan penanggulangan penyebaran covid-19, Pemerintah daerah sudah melakukan semua perintah dan arahan dari pemerintah pusat.

"Seluruh unsur dan stakeholder juga selalu ikut berpartisipasi dalam proses penanggulangan covid-19"ujar Gusmal

Baca Juga

Kemudian, Bupati juga menyampaikan bahwa di Kab. Solok untuk ketahanan pangan sampai saat ini masih memadai. Bupati juga menyampaikan bahwa setelah memasuki fase pola kehidupan baru (new normal), seluruh masyarakat sudah dianjurkan untuk kembali produktif demi menjaga kesejahteraan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Dalam penanggulangan, masih ada beberapa kendala yang dihadapi. Maka dari itu Bupati berharap perwakilan pemerintah pusat dapat menyampaikan ke pemerintah pusat terkait dengan solusi dalam menyelesaikan kendala yang ada"harap Gusmal

Sementara itu, Kabid Dokhan 1/IV Hanneg Kolonel Inf. Suteikno Suleman dalam kesempatannya mengatakan bahwa kunjungan kerja ini dalam rangka rapat koordinasi dengan Bupati serta seluruh unsur pemerintah daerah Kab. Solok dan forkopimda dengan pokok bahasan tentang peran dan upaya pemerintah daerah dalam mengelola sumber daya nasional (SDM, SDA/SDB, Sarprasi) potensi wilayah yang dimiliki guna menangani pandemi covid-19 dan dampaknya agar kondisi daerah dan ketahanan wilayah tetap stabil dan terjaga dengan baik, serta saran dan masukan untuk perbaikan kedepan.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan ini juga merupakan salah satu langkah pemerintah pusat dalam mengusut perkembangan penanggulangan dan penanganan covid-19 diwilayah Sumbar dengan mengambil sample Kab. Solok. Sebab Prov. Sumbar merupakan salah satu dari lima provinsi yang penanganan covid-19 dinillai cukup berhasil dan efektif oleh Presiden RI.

Ia menambahkan, pelaksanaan penanggulan pandemi ini juga selalu dimonitor sejak awal oleh pemerintah pusat. Pemerintah pusat juga berharap nantinya Prov. Sumbar menjadi rujukan nasional bagi daerah lain dalam menanggulangi pandemi covid-19. Selain itu, Kab. Solok juga dinilai memiliki potensi pangan yang cukup baik dalam mengantisipasi kekurangan pangan saat masa pandemic.

Setelah mendengarkan Sambutan dari Bupati dan Kabid Dokhan 1/IV Hanneg, kegiatan yang juga dihadiri oleh Asisten Koor Bid Ekbangkesra Medison, S.Sos. M.Si, Kepala SKPD Pemrintah Daerah Kab. Solok, Analisis Polhukam Domaeld Putra. SH serta Staf Kedeputian Bidkoor Hanneg Sheila Wulandari, SE tersebut dilanjutkan dengan presentasi oleh Asisten Koor Bid Ekbangkesra terkait dengan usaha yang telah dilakukan pemerintah daerah dalam menanggulangi wabah covid-19 di Kab. Solok khususnya. (Mak itam)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru