Pariaman 'Tacelak oleh Marine Tourism, Sumbar Mengapa Tidak?

Pariwisata-62 hit

PADANG, binews.id — Walikota Pariaman Genius Umar starting sebagai Walikota satu tahun lebih telah mampu menjadikan Pariaman tacelak, menjadi destinasi bagi wisatawan nusantara maupun dunia.

"Konsep kota menghadap ke laut menjadikan Pariaman kini tacelak karena Marine Tourism-nya,"ujar Genius ar, Selasa 15/9 di Padang.

Laut tidak saja menyuguhkan aktifitas nelayan, tapi ada banyak potensi yang mendatangkan geliat ekonomi di sepanjang pesisir pantau.

Baca Juga

Nasrul Abit - Indra Catri, Sumatera Barat Unggul untuk Semua

"Wisawatan bisa fishing, snokling dan surfing. Belum lagi spot wisata khusus yang harganya mahal kalau dikemas dan ditawarkan ke turis dunia, laut dengan hamparan karang serta rumput laut dan memberdayakan nelayan dengan marine tourism," ujar Genius Umar yang kini menjadi Cawagub Sumbar dengan Cagubnya Irjen Pol Fakhrizal.

Konsep kota menghadap ke laut membuktikan Pariaman konsen mengarap potensi pariwisata, perikakan dan kekayaan biota laut lainnya.

"Jadi konsep ini sangat mudah diperluas untuk diterapkan di Sumbar, geografis Sumbar adalah pantai terpanjang di bagian Barat Sumatera,"ujar Genius.

"Marine Tourism bagi Sumbar adalah untung dan tidak rugi, asal konsep itu aspiratif dengan melibatkan masyarakat pesisir,"ujar Genius Umar yang terkenal sebagai pemimpin inovatif dan brilian di Sumbar.

Marine Tourism kata Genius Umar membangun berkesinambungan dengan mencuat dari keinginan masyarakat bawah.

"Potensi bahari dikelola dengan serius pasti ada geliat ekonomi, mau dan ada kemauan serta diurus dengan benar dengan prinsip aspiratif,"ujar Genius Umar.

Apalagi Mentawai bagian di Sumbar sudah menjadi syorganya surfing dunia dan jika ini ditarik garis lautnya banyak potensi ombak laut lagi selain Mentawai.

Mentawai terus dan harus ditingkatkan menjadi syorga surfing dunia, dan disangga oleh potensi ombak surfing Pariaman, Tiku, Pessel hingga Air Bangis Pasbar. Makin mudah akses ketika kebijakan Pemerintah Pusat yakni tol laut membangun conecting potensi bahari Sumbar itu,"ujar Genius Umar. (rilis: gucenter)

Penulis: Imel | Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru