Kesbangpol Pasbar Ajak Masyarakat Jaga Kondusifitas Jelang Pilkada

  • Cetak

PASAMAN BARAT, Binews.id - Menjelang Pilkada serentak 9 Desember 2020. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) ajak Masyarakat dan peserta Pilkada dapat saling menghargai dan menjaga situasi tetap kondusif meski berbeda pilihan.

"Jelang Pilkada serentak, kita minta masyarakat dan peserta saling menghormati dan tidak mau terpecah belah," ujar Kepala Kesbangpol Pasbar, Herlina Syahputri kepada wartawan kemarin.

Ia menyampaikan, berdasarkan pengamatan tim di lapangan sejak beberapa bulan terakhir, suasana politik Pilkada serentak di Pasaman Barat sudah muncul, namun hal itu masih belum menonjol dan tetap terkendali dalam pengawasan.

Baca Juga

"Peserta Pilkada dan masyarakat nampaknya, masih menetapkan pesta demokrasi badunsanak, dan menghormati pilihan masing-masing," ujarnya

Herlina Syahputri menambahkan, mengantisipasi gesekan di tengah masyarakat, timnya terus melakukan sosialisasi melalui ormas, tokoh adat, tokoh agama dan perkumpulan pemuda atau masyarakat. Keterbatasan gerak akibat pandemi Covid-19, membuat tim Kesbangpol harus melakukan sosialisasi dan pendekatan kepada masyarakat melalui pendidikan politik dengan memperhatikan protokol kesehatan covid-19.

"Kami terus berkoordinasi dengan penyelenggara pemilu agar, Pilkada serentak di Pasaman Barat bisa berjalan lancar dan aman," ujarnya.

Menyikapi perkembangan zaman dan teknologi, Kesbangpol juga melakukan pemantauan di media sosial, agar masyarakat tidak terpengaruh informasi yang tidak jelas dan terpengaruh isu dari informasi hoaks yang banyak beredar di media sosial dan artikel yang tidak memiliki sumber jelas.

Selain itu, Kesbangpol juga berupaya agar tingkat partisipasi masyarakat saat Pilkada serentak nanti, bisa meningkat. Meski di tengah Pandemi Covid 19, masyarakat diharapkan bisa menyalurkan hak suaranya ke TPS dengan memperhatikan Protokol Covid 19.

"Penyelenggara akan memperhatikan protokol Covid 19, di setiap tahapannya, termasuk saat berada di TPS," ujarnya. (Iyan)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru