PT Semen Padang Terus Optimalkan Pemanfaatan Bahan Bakar AFR

PADANG, binews.id - PT Semen Padang terus mengoptimalkan pemanfaatan bahan baku dan bahan bakar alternatif atau Alternative Fuel & Raw Material (AFR) untuk mensubtitusi bahan baku dan bahan bakar utama dengan tujuan penghematan sumber daya dan penggunaan bahan baku serta energi yang ramah lingkungan.

"AFR yang dipakai di Semen Padang saat ini antara lain, Copper Slag, Fly Ash, Bottom ash, Drilling Cutting Cement, HIS/COCS, Soil Tambang, Gypsum Purified, Sampah Concrete, Sludge Oil, spent bleaching earth dan glycerine pitch," kata Kepala Unit Penunjang Produksi PT Semen Padang Tri Praptoyo di Padang, Sabtu, 22 Agustus 2020.

AFR tersebut di Semen Padang ada yang digunakan sebagai bahan bakar alternatif untuk substitusi batu bara di Pabrik Indarung II/III, IV, V, dan VI. Selain di Indarung, Fly ash juga dimanfaatkan di Cement Mill Dumai mulai Juli 2015. Sementara bahan baku alternatif lainnya dimanfaatkan sebagai substitusi Batu Silika di Pabrik Indarung II/III/IV/V, dan VI.

Baca Juga

Penggunaan AFR di PT Semen Padang, kata Tri Praptoyo sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam pelestarian lingkungan, melalui pemanfaatan limbah sebagai bahan baku atau bahan bakar sehingga mendukung kelestarian lingkungan. Penggunaan AFR juga bermanfaat secara finansial bagi Semen Padang yakni dapat mengurangi harga pokok produksi karena berkurangnya biaya bahan baku dan bahan bakar akibat pemakaian AFR tersebut.

Semen Padang, lanjutnya akan membangun fasilitas pengumpanan AFR bercampur dengan belt tambang sehingga kapasitas dan fleksibilitas penerimaan dapat meningkat. "Proyek ini diajukan pada Capex 2021 dengan estimasi selesai dibangun pada pertengahan tahun 2022. "Dengan bertambahnya jenis limbah di dalam izin pemanfaatan limbah yang baru, diharapkan volume pemanfaatan AFR ke depannya dapat terus meningkat," kata Tri Praptoyo.

Di tempat terpisah, Kepala Seksi AFR Semen Padang Sarman Durmalay mengungkapkan, selama tahun 2019 alternative raw material yang dipakaikan Semen Padang adalah sebanyak 306.425,45 ton, sludge oil 2.669.75 ton sebagai alternative fuel.

Di tahun 2020 sampai dengan Juli 2020 alternative raw material yang dipakai sebanyak 149.655,58 ton dan alternative fuel 12.491,13 ton, Pada 2020, kata Sarman, Semen Padang menargetkan jumlah energi panas batubara yang digantikan alternatif fuel adalah sebesar 0,3 %.

Kepala Unit Humas dan Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati mengatakan, PT Semen Padang dalam operasionalnya fokus mendukung program pemerintah dengan memanfaatkan energi terbarukan. Pemakaian AFR di Semen Padang diharapkan menjadi solusi ramah lingkungan terhadap permasalahan limbah, mengurangi ketergantungan pada sumber daya alam tak terbarukan, mengurangi emisi, dan peluang kegiatan ekonomi untuk masyarakat.

"Dengan AFR akan ada penghematan, adanya pengurangan CO2 ke lingkungan, sehingga efek terhadap panas global juga berkurang," kata Anita. (*bi)

Penulis: Imel | Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru