Tahun Baru Islam, Pemkab Solok Bersama PHBI Gelar Lomba Khutbah Jumat Antar SMP SUBP

  • Cetak

AROSUKA, binews.id -- Dalam rangkamenyambut dan memeriahkan tahun baru Islam 1 Muharam 1442 H/2020 M, Pemkab Solok bekerjasama dengan PHBI Kabupaten Solok menggelar Lomba Khutbah Jumat antar SMP SUBP se Kabupaten Solok, Selasa (18/8/2020) di Masjid Agung Nurul Mukhlisin Islamic Centre.

Acara menyambut dan memeriahkan tahun baru Islam 1 Muharam 1442 H/2020 M dihadiri Bupati Solok H. Gusmal, Kabag Kesra Ahpi Gusta Tusri, Kakan Kemenag Kabupaten Solok, Forkopimcam Kubung, Kepala Kantor Urusan Agama Se- Kab. Solok, Kepala Sekolah SUBP/ Pendamping

Bupati Solok H. Gusmal secara resmi membuka Lomba Khutbah Jumat Antar SMP SUBP Se- Kabupaten Solok dan mengucapkan selamat berlomba kepada anak- anak perwakilan Siswa SMP SUBP Se- Kabupaten Solok.

Baca Juga

"Saya yakin anak- anak kami adalah Putra- putri terbaik utusan dari sekolah masing-masing," ujarnya.

Bupati Solok, menyampaikan dalam kehidupan masyarakat modern, umat Islam dituntut untuk menerapkan makna hijrah dalam konteks perjuangannya. Pada peringatanTahun Baru Islam1 Muharram 1442 H di Kabupaten Solok mengangkat Tema peringatan"Bersama mewujudkan Generasi Qur'ani Menuju Masyarakat Kabupaten Solok yang Madani".

Katanya, Hakikat Hijrah adalah selalu berada dijalan yang benar. Selalu berubah ke arah yang lebih baik, terutama dalam menjalankan ibadah, peningkatan Iman dan Taqwa dalam menjalani kehidupan sehari --hari. Kita harus punya komitmen untuk berubah kearah yang lebih baik.

"Mari kita jadikan sarana introspeksi diri, menyadari segala kelemahan selama ini dan untuk selanjutnya berubah kearah yang lebih baik menuju taat kepada Allah SWT melalui peningkatan iman, perbaikan akhlak dan ibadah kepada Allah SWT,"ujar Gusmal.

Generasi muda perlu diingatkan untuk mensyiarkan Islam, karena tantangan umat Islam semakin berat, pengaruh negatif melalui teknologi, media sosial, narkoba, LGBT, dan pergaulan bebas yang marak di tengah-tengah masyarakat. "Kesemuanya itu memerlukan komitmen kita semua dalam mewujudkan masyarakat Kabupaten Solok yang madani, relegius dan berakhlak mulia," tambahnya

Selanjutnya, kata Gusmal, Pemerintah Kabupaten Solok telah menyelenggarakan Sekolah Umum Berbasis Pesantren, dan sudah ada regulasinya yakni Peraturan Bupati Solok Nomor 3 Tahun 2018. Sekolah Berbasis Pesantren SUBP adalah sekolah Umum yang suasana didalamnya adalah suasana pesantren yang sangat berguna dalam menciptakan generasi yang berkualitas dan berkarakter.

"Penyelenggaraan Sekolah Umum Berbasis Pesantren adalah dalam rangka mewujudkan Kabupaten Solok yang maju dan mandiri menuju kehidupan masyarakat madani di bidang pendidikan," ungkapnya.

Kemudian, dikatakannya, lomba ini juga sebagai bahan evaluasi sejauh mana progress dan capaian dari program SUBP di Kabupaten Solok. "Alhamdulillah dapat kita lihat hari ini, disamping itu dengan lomba ini kita berharap akan lahir bibit, khusus di cabang Khutbah Jum'at yang akan mengikuti seleksi Calon Kafilah Kabupaten Solok dalam mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang akan digelar tahun 2021 mendatang," harapnya.

Bupati Solok, mengingatkan, Kepada para Kepala Sekolah dan pembimbing agar bersabar dalam membimbing siswa-siswa selama mengikuti pendidikan untuk menghasilkan generasi yang berkarakter Qur'ani.

Gusmal apresiasi seluruh panitiayang telah berhasil mengangkat acara yang cukup penting dan mulia inidi masa tatanan normal baru Covid-19. (Mak itam)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru