Covid-19 Tak Kunjung Melandai, Mendagri Sebut Presiden Minta Daerah All Out dalam Penanganan

  • Cetak

PADANG, binews.id -- Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, meminta agar pemerintah daerahall outdalam penanganan Covid-19 di daerahnya. Hal ini sejalan dengan instruksi Presiden, Joko Widodo, yang memang tak main-main dalam pencegahan virus tersebut.

"Bapak Presiden berpendapat pelaksanaannya belum maksimal, hal ini terbukti dengan masih banyaknya masyarakat yang belum maksimal memakai masker, cuci tangan yang belum benar, dan tidak adanya jaga jarak di tengah masyarakat," katanya.

"Kita masih lihat kerumunan-kerumunan, sehingga tingkat penularan masih terus terjadi. Presiden menginginkan kitaall outdalam menyikapi hal ini," kata Tito saat Vidcon yang digelar Senin (10/8/2020), diikuti seluruh Gubernur, Bupati/Wali Kota se-Indonesia di Ruang VIP Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Baca Juga

Menteri dalam negeri menambahkan bahwa Presiden menginginkan pemerintah daerahall outdalam menyikapi protokol Covid-19. Semua harus bergerak cepat dalam hal kepatuhan terhadap protokol kesehatan bahkan sampai ke tingkat desa.

"Melalui program-program yang telah dilakukan seperti adanya negeri tangguh Covid-19, desa aman Covid-19 dan lain sebagainya, agar informasi tentang protokol kesehatan dijangkau sampai ke pelosok," katanya.

Tito Karnavian mengatakan, pemerintah pusat tidak main-main dalam penanganan Covid-19, bahkan Presiden telah mengeluarkan Perpres Nomor 6 Tahun 2020 tentang Disipilin dan Kebijakan Hukum dalam Rangka Protokol Covid -19, seperti penggunaan masker, cuci tangan dengan sabun atauhand sanitizer, jaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno selaku pemangku kepentingan mendukung penuh program pemerintah pusat ini. Ia berharap seluruh lapisan masyarakat di Sumatera Barat lebih patuh terhadap protokol Covid-19 agar penyebaran penularan Covid-19 bisa diatasi dengan segera. (relis/bi)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru