Kasus Positif Covid-19 Sumbar Kembali Menanjak, Ini Rinciannya

  • Cetak

PADANG, binews.id -- Kasus positif Covid-19 di Sumatera Barat hari ini kembali bertambah sebanyak 16 orang. Total hingga Kamis (30/7/2020) telah 907 orang warga Sumbar positif terinfeksi covid 19. Sementara itu pasien sembuh bertambah 8 orang, sehingga total sembuh 758 orang.

"Warga Sumbar terkonfirmasi positif sebanyak 16 orang yaitu 12 orang dari Kota Padang, 3 orang dari Kota Solok dan 1 orang dari Kabupaten Solok. Dengan bertambahnya warga Kota Solok positif terinfeksi covid-19, maka status kota Solok yang semula zona Kuning berubah menjadi zona Orange," ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Barat, Jasman Rizal dalam pesan tertulis, Kamis (30/7).

Dari total 907 orang yang telah dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 di Provinsi Sumatera Barat tersebut dirawat di berbagai rumah sakit 63 orang (6,9%), Isolasi mandiri 37 orang (4,1%), Isolasi BPSDM 16 orang (1,8%), Meninggal dunia 33 orang (3,6%) dan Sembuh 758 orang (83,6%).

Baca Juga

Disampaikannya, Tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso dibawah pimpinan dan penanggungjawab Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc melaporkan bahwa dari 1.254 sample (1.240 di Lab. Fakultas Kedokteran UNAND dan 14 di Lab. Veteriner Baso Agam), terkonfirmasi tambahan 16 (enam belas) orang warga Sumbar positif terinfeksi covid-19, kesembuhan pasien covid-19 setelah 2x konversi negatif bertambah 8 orang.

12 pasien positif Covid-19 dari Kota Padang, Jasman merinci :

1. Pria 50 th, warga Kuranji, pekerjaan Wiraswasta, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.

2. Wanita 18 th, wargs Kuranji, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.

3. Wanita 33 th, warga Kuranji, pekerjaan ASN, diduga terpapar dari pekerjaan, penanganan isolasi mandiri sementara.

4. Pria 37 th, warga Sungai Sapiah, pekerjaan ASN, diduga terpapar dari pekerjaan, penanganan isolasi mandiri sementara.

5. Pria 17 th, warga Lubuak Buayo, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.

6. Wanita 45 th, warga Surau Gadang, pekerjaan Dosen, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.

7. Wanita 27 th, warga Limau Manih Selatan, pekerjaan Tenaga Kesehatan, diduga terpapar dari pekerjaan dan riwayat perjalanan dari Bukittinggi 26 Juli 2020, penanganan isolasi mandiri sementara.

8. Wanita 28 th, warga Kubu Dalam Parak Karakah, pekerjaan karyawan toko, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan dirawat di Semen Padang Hospital.

9. Pria 44 th, warga Kampuang Baru, pekerjaan ASN, terinfeksi karena pulang dari Jakarta tanggal 28 Juli 2020, penanganan isolasi mandiri sementara.

10. Wanita 16 th, warga Surau Gadang, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.

11. Pria 14 th, warga Surau Gadang, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.

12. Pria 11 th, warga Surau Gadang, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.

Kota Solok

1. Wanita 35 th, warga Aia Mati, pekerjaan Tenaga Kesehatan, diduga terpapar dari pekerjaan, penanganan dirawat di RSUD. M. Natsir.

2. Pria 64 th, warga VI Suku, pekerjaan Wiraswasta, diduga terpapar dari pekerjaan dan riwayat perjalanan ke Bukittinggi, penanganan dirawat di Dinkes Kota Solok.

3. Wanita 63 th, warga VI Suku, status IRT, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan dirawat di Dinkes Kota Solok.

Kabupaten Solok

1. Pria 39 th, warga Saok Laweh, pekerjaan ASN, diduga terpapar dari pekerjaan, penanganan isolasi mandiri sementara.

Pasien sembuh sebanyak 8 orang dengan rincian:

1. Pria 13 th, warga Andaleh, status pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien Semen Padang Hospital.

2. Pria 21 th, warga Limau Manih Selatan, status Mahasiswa, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien karantina BPSDM.

3. Pria 22 th, warga Talang Kota Payakumbuah, pekerjaan karyawan Swasta, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi di tempat kerja, pulang dari Kalimantan tanggal 28 Juni 2020, pasien karantina BPSDM.

4. Pria 25 th, warga Padang Laweh Kab. Dhamaraya, pekerjaan swasta, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien Dinkes Dharmasraya.

5. Wanita 31 th, warga Padang Laweh, pekerjaan Tenaga Kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien Dinkes Dharmasraya.

6. Wanita 40 th, warga Timpeh, pekerjaan Tenaga Kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien Dinkes Dharmasraya.

7. Wanita 35 th, warga Padang Laweh, pekerjaan Tenaga Kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien Dinkes Dharmasraya.

8. Pria 72 th, warga Pegambiran, diduga terpapar dengan kegiatan keseharian, pasien RSUD Rasidin Padang.

Diinformasikan perkembangan Covid-19 di Sumbar, Kamis 30 Juli 2020 pukul 12.00 WIB. Kasus Suspek dengan total 84 orang. Dirawat sebanyak 19 orang. Isolasi mandiri sebanyak 65 orang. (*/mel)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru