Dishub Kota Padang Optimalkan Pemeliharaan Lampu Lalu Lintas

  • Cetak

PADANG, binews.id -- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang terus berupaya mengoptimalkan kinerja Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) atau lampu lalu lintas di wilayah Kota Padang. Langkah ini diambil untuk memastikan lampu lalu lintas berfungsi optimal sehingga bisa meningkatkan ketertiban pengguna jalan, kelancaran lalu lintas, dan menekan angka kecelakaan, terutama di persimpangan-persimpangan bersinyal.

"Optimalnya fungsi lampu lalu lintas akan berdampak pada ketertiban pengguna jalan sehingga meningkatkan kelancaran lalu lintas dan menekan angka kecelakaan lalu lintas khususnya pada persimpangan bersinyal tersebut," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang Ances Kurniawan, Jumat (05/07/2024).

Ances menambahkan bahwa berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, kewenangan pengelolaan, pengadaan, dan pemeliharaan lampu lalu lintas dibagi menjadi beberapa tingkatan. Pemerintah kota atau kabupaten bertanggung jawab untuk jalan kota atau kabupaten, pemerintah provinsi untuk jalan provinsi, dan pemerintah pusat, melalui BPTD Kelas II Sumbar, untuk jalan nasional.

Baca Juga

"Di Kota Padang terdapat 29 titik APILL (lampu lalu lintas), 21 unit diantaranya berlokasi di ruas jalan kota yang dikelola Dinas Perhubungan Kota Padang, sedangkan sisanya yang berlokasi di Jalan Bypass (jalan nasional) yang dikelola BPTD Kelas II Sumbar," jelasnya.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Padang, Andri Suanto Tasar, menyebutkan bahwa saat ini ada dua titik lampu lalu lintas di ruas jalan kota yang mengalami kerusakan dan sedang dalam proses perbaikan, yaitu di Simpang Haru dan Simpang Hangtuah.

"Saat ini tengah kita diupayakan agar segera dapat berfungsi kembali dalam waktu dekat," ujar Andri. Dia juga mengimbau warga yang melintas di titik-titik lampu lalu lintas tersebut untuk tetap menaati aturan dan meningkatkan kehati-hatian.

"Untuk itu dihimbau kepada masyarakat agar selalu berhati-hati apabila melalui persimpangan yang APILL-nya tidak berfungsi atau sedang dalam perbaikan dan tetap tertib serta mengutamakan keselamatan berlalu lintas," pungkasnya. (bi/rel)

Komentar

Berita Terbaru