247 Sekretariat PPS Kabupaten Lima Puluh Kota Teken Pakta Integritas, Ini Pesan Bupati

  • Cetak

LIMA PULUH KOTA - Sebanyak 247 Sekretariat Panita Pemungutan Suara (PPS) Kabupaten Lima Puluh Kota menandatangani Pakta Integritas yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024. Penandatanganan pakta integritas Sekretariat PPS yang tersebar di 79 nagari se-Kabupaten Lima Puluh Kota berlangsung di Aula Kantor Bupati, Sarilamak, pada Selasa (11/06/2024).

"Dengan terbentuknya Sekretariat PPS se Kabupaten Lima Puluh Kota sampai penandatanganan integritas ini, semoga saudara dapat menjalankan amanah ini dengan penuh rasa tanggungjawab sesuai dengan mekanisme dan peraturan yang berlaku," tutur Sekretaris Daerah Herman Azmar saat membacakan sambutan Bupati Lima Puluh Kota.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Ketua KPU Lima Puluh Kota Okto Rizaldi dan Kepala Badan Kesbangpol Elsiwa Fajri.

Baca Juga

Dalam sambutan Bupati Lima Puluh Kota diterangkan bahwa berdasarkan Pemilu 2024 lalu, rata-rata angka partisipasi memilih di Kabupaten Lima Puluh Kota adalah 76,14 % mengalami penurunan dibandingkan tahun 2020 yang mencapai 80,85%. Oleh karena itu, Ia berharap POLRI serta Pemda dan Instansi terkait agar saling berkoordinasi dan kerjasama agar Pilkada di Kab. Lima Puluh Kota lebih sukses dengan angka partisipasi yang lebih tinggi dari Pemilih dan Pilkada sebelumnya.

"Kami harapkan agar sdr/sdri Sekretariat PPS dapat memberikan dukungan fasilitasi administrasi penyelenggaraan Pilkada, menjalin kerjasama dan komunikasi yang baik dengan PPK, PPS, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Nagari maupun pihak keamanan," pesannya.

Disisi lain, ia mengatakan bahwa Pemerintah Daerah memiliki peran penting dalam mendukung terlaksananya seluruh penyelenggaraan tahapan Pilkada sesuai kemampuan daerah.

"Pemda akan terus berusaha memfasilitasi perhelatan Pilkada sesuai ketentuan peraturan Perundang-undangan yang berlaku," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua KPU Lima Puluh Kota Okto Rizaldi bahwa KPU beserta jajarannya difasilitasi penuh oleh Pemerintah Daerah. "Kami berharap para Sekretariat PPS dapat menjaga koordinasi dan mampu menyelenggarakan Pilkada 2024 ini dengan baik," ucapnya. (Ly)

Komentar

Berita Terbaru