Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik, Sambut Hangat Kunjungan Forum Wartawan Parlemen Sumbar di Samarinda

  • Cetak

SAMARINDA, binews.id — Akmal Malik, Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), dengan antusias menyambut kedatangan Forum Wartawan Parlemen Sumatera Barat (FWP Sumbar) di Kota Samarinda pada Senin (10/6/2024). Kedatangan ini merupakan bagian dari studi tiru yang dilakukan oleh FWP Sumbar bersama Staf Humas dan Protokoler DPRD Sumbar di kantor DPRD Kaltim.

Dalam sambutannya, Akmal Malik, yang juga menjabat sebagai Dirjen Otonomi Daerah (Otoda), menyampaikan rasa bangganya sebagai putra asli Sumbar. Ia berharap Sumbar bisa lebih mengembangkan potensi wisatanya secara komersil dengan mencontoh pengelolaan Sungai Mahakam di Kaltim.

"Sungai Mahakam telah menjadi objek wisata bernilai ekonomi tinggi dengan adanya wisata kapal berkeliling sungai. Ini memberikan nilai tambah luar biasa bagi masyarakat dan juga meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)," ujar Akmal Malik usai mengajak FWP Sumbar berkeliling Sungai Mahakam menggunakan kapal wisata.

Baca Juga

Akmal Malik juga memberikan ide-ide konkret yang bisa diterapkan di Sumbar, seperti mengajak wisatawan menikmati makanan di atas kapal. "Hal-hal kecil seperti ini bisa memberikan nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan objek wisata lainnya," tambahnya.

Kunjungan FWP Sumbar ke Kaltim bukan hanya tentang studi tiru terkait pariwisata, tetapi juga mengenai pengelolaan liputan dan kerja sama dengan media. Pertemuan yang diadakan di ruang Pertemuan Sekretariat DPRD Kaltim ini dihadiri oleh 20 anggota FWP Sumbar yang dipimpin oleh Novrianto Ucok, serta didampingi oleh Humas dan Protokoler DPRD Sumbar, Arnely Amran, dan Ida Wulansari.

Dari pihak DPRD Kaltim, Kepala Bagian (Kabag) Fasilitasi, Penganggaran, dan Pengawasan Sekretarian Kaltim, Andi Rajak, turut hadir bersama Tenaga Ahli DPRD Kaltim yang juga Ketua Forum Jurnalis Perempuan Provinsi Kaltim, Tri Wahyuni.

Berbagai topik dibahas dalam pertemuan tersebut, termasuk gagasan kemitraan bersama wartawan dan pengelolaan informasi terkait kedewananan. Ketua FWP Sumbar, Novrianto Ucok, menyampaikan harapannya agar DPRD Kaltim dapat memfasilitasi wartawan dengan mengadakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dan membentuk organisasi wartawan yang aktif terlibat dalam peliputan kegiatan dewan.

Kunjungan ini tidak hanya mempererat hubungan antara dua daerah, tetapi juga membuka peluang bagi Sumbar untuk belajar dan mengadopsi praktik terbaik dari Kaltim dalam berbagai aspek, termasuk pariwisata dan komunikasi. (bi/mel)

Komentar

Berita Terbaru