Hasil Kerjasama Pemko dan Semen Padang, Geosite Gua Kelelawar Padayo Diresmikan Jadi Wisata Alam Baru Arah Timur Kota Padang

Pemerintahan-1161 hit
PADANG, binews.id - Wali Kota Padang, Hendri Septa Dt. Alam Batuah meresmikan Geosite Gua Kelelawar Padayo di Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Minggu (12/5). Dibukanya objek wisata tersebut untuk umum adalah buah dari kerja sama Pemerintah Kota (Pemko) Padang dengan PT Semen Padang.


Hendri Septa Dt. Alam Batuah menyebut bahwa Geosite Gua Kelelawar Padayo akan jadi pengembangan objek wisata terbarukan di arah timur Kota Padang.


"Ini salah satu progul (program unggulan) kami, yaitu kami mewujudkan wisata alam baru di bagian timur Kota Padang" ujarnya.


Dia mengaku bangga atas dibukanya Geosite Gua Kelelawar Padayo untuk umum karena selain mampu merealisasikan salah satu progulnya, Hendri Septa Dt. Alam Batuah juga memuji keikutsertaan PT Semen Padang yang secara penuh mendukung Pemko Padang dalam pengembangan objek wisata tersebut.


"Ini salah satu progul yang saya banggakan karena ini satu-satunya Progul yang dananya murni dari PT Semen Padang. Kalau progul lain kami banyak menggunakan dana dari APBD atau APBN," terangnya.


Dia menyebut, untuk pengembangan Geosite Gua Kelelawar Padayo, PT Semen Padang sudah menggelontorkan dana mencapai Rp504 juta untuk membuka akses jalan menuju goa, di antaranya dengan membangun jembatan serta WC umum yang dapat digunakan wisatawan.


Untuk itu, Hendri Septa Dt. Alam Batuah meminta kepada Pokdarwis Padayo bersama masyarakat sekitar untuk dapat mengelola Geosite Gua Kelelawar Padayo sebaik mungkin dengan memberikan kesan positif untuk wisatawan yang berkunjung.


"Ini harus jadi pusat kunjungan baru di Kota Padang. Kalau biasanya wisatawan yang datang ke Padang hanya berkunjung ke Pantai Padang, Pantai Aia Manih, dan Transmart, sekarang harus ditambah ke Gua Kelelawar Padayo. Belum lengkap berwisata ke Kota Padang kalau belum ke Gua Kelelawar, ini yang harus kita ciptakan," ujarnya.


Pemko Padang, kata dia, selain terus berharap dukungan penuh dari PT Semen Padang juga akan mengupayakan untuk membuka akses jalan menuju Geosite Gua Kelelawar Padayo, sehingga wisatawan tidak lagi harus lewat ke gerbang PT Semen Padang apabila ingin berkunjung. Rencananya, jalan tersebut dari jalan Padang-Solok, tepatnya dari kawasan Pondok Bambu, Indarung menuju Goa.


"Ini anggarannya sedang kita upayakan ke Pemerintah Pusat dengan nilai sekitar Rp20 M," jelas Hendri Septa.


Perwakilan PT Semen Padang Amral Ahmad mengamini apa yang disampaikan Wako Hendri Septa Dt. Alam Batuah. Dia mengaku siap menyokong keinginan Pemko untuk pengembangan wisata di arah Timur Kota Padang.


"Ini aset yang harus kita jaga terhadap. Kita harus bersama-sama membuat tempat ini jadi tujuan wisatawan. Fasilitas yang sekarang ada masih jauh dari sempurna. Untuk itu ke depannya kami mohon bantuan Pemko dan OPD," katanya. (*/bi)

Komentar

Berita Terbaru