Untuk Ke 11 Kali Berturut - turut Pemko Bukittinggi Meraih Opini WTP

  • Cetak

BUKITTINGGI - Luar biasa, sejak 2012 hingga tahun 2023, Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Bukittinggi menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke 11 kalinya berturut turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumatera Barat.

Opini WTP tahun 2023 yang diraih Kota Bukittinggi itu, diterima Wali Kota Bukittinggi Erman Safar dan Ketua DPRD Beny Yusrial, didampingi Assisten III Setdako, Syafnir, Inspektur, Elvina Kartika Esya, Sekwan, Melwizardi dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemko Bukittinggi lainnya, dari Kepala BPK Arif Agus SE MM Ak CPA CSFA di Kantor BPK RI Perwakilan Sumatra Barat, Padang, Senin ,(06/05).

Pada kesempatan itu, Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, menyampaikan, terima kasih kepada BPK RI Perwakilan Sumbar yang telah memberikan penilaian atas LHP LKPD 2023. Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Baca Juga

Penilaian WTP yang diraih Kota Bukittinggi terhadap LHP LKPD 2023 merupakan yang kesebelas kali secara berturut-turut.

Penilai WTP yang diraih ini, sebagai bentuk menghadirkan tata kelola pemerintahan yang efektif, bersih, akuntabel dan melayani terutama dalam pengelolaan dan pengunaan anggaran serta keuangan daerah.

"Atas nama pemerintah daerah kami mengucapkan terima kasih atas hasil penilaian BPK RI Perwakilan Sumbar. Ini merupakan WTP kesebelas kali secara berturut- turut yang diraih Kota Bukittinggi," ujar Wako.

Selain itu, Wako juga mengapresiasi kerjasama, sinergi dan kesungguhan antara eksekutif dan legislatif dalam mewujudkan anggaran yang baik, akuntabel dan transparan. Wako juga berterima kasih pada segenap jajaran Pemko Bukittinggi yang telah bekerja keras untuk mewujudkan ini semua.

Ketua DPRD Bukittinggi, Beny Yusrial, mengapresiasi kinerja Pemko Bukittinggi yang telah sebelas kali meraih opini WTP dari BPK RI Perwakilan Sumatera Barat. DPRD Kota Bukittinggi akan tetap bersinergi dengan Pemko Bukittinggi dalam menciptakan pemerintahan yang baik. Hal itu tentu akan diwujudkan dengan lebih memaksimalkan fungsi penganggaran dan pengawasan serta legislasi.

"Alhamdulilah, atas nama pimpinan dan anggota DPRD, kami bersyukur dan mengucapkan terima kasih pada jajaran Pemko Bukittinggi, yang kembali meraih opini WTP untuk kesebelas kalinya, melalui penilaian BPK Perwakilan Provinsi Sumbar. Pencapaian yang luar biasa dan kami di DPRD pun tetap akan terus meningkatkan fungsi dewan, agar Bukittinggi lebih baik lagi," ungkap Beny Yusrial.

Kepala BPK Perwakilan Sumatera Barat, Arif Agus, menyampaikan, pemeriksaan ditujukan memberikan opini atas kewajaran laporan keuangan pemerintah daerah Kota Bukittinggi tahun 2023 dengan memperhatikan kesesuaian laporan keuangan dengan standar akutansi pemerintah , kecukupan pengungkapan, efektifitas sistem pengendalian intern dan kepatuhan terhadap peraturan terhadap hal tersebut pemerintah Bukittinggi telah berhasil memenuhi persyaratan tersebut dan mematuhi aturan pengelolan anggaran hingga berbuah penghargaan 11 tahun berturut turut, katanya.

(Ma)

Komentar

Berita Terbaru