Gubernur Mahyeldi Imbau Pemuda Sumbar Kuasai Skill Praktis Digital

  • Cetak

BUKITTINGGI, binews.id --Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah mengimbau generasi muda untuk memiliki kemampuan praktis di bidang digital, dan terus mengembangkan kemampuan tersebut.

Hal itu disampaikan Gubernur di hadapan peserta Kegiatan Peningkatan Kreativitas Pemuda II Subsektor Video, yang digelar oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumbar di Grand Rocky Hotel Bukittinggi, Jumat (03/05/2024).

"Pemprov Sumbar terus meningkatkan perhatian terhadap pengembangan kualitas dan daya saing pemuda, salah satunya dengan terus mencetak entrepeneur dan milenialpreneur. Terutama sekali untuk menguasai berbagai kemampuan atau skill di dunia digital," ucap Gubernur dalam sambutannya.

Baca Juga

Peningkatan kreativitas pemuda subsektor video, sambung Gubernur, adalah salah satu bukti keseriusan Pemprov Sumbar dalam mencetak dan membina 100 ribu wirausahawan atau entrepeneur baru, di mana saat ini telah menyentuh angka 112 ribu lebih, atau telah melebihi target dari yang ditetapkan dalam program unggulan (Progul) Pemprov Sumbar di bawah kepemimpinan Gubernur-Wakil Gubernur, Mahyeldi-Audy Joinaldy.

"Terlebih, Sumbar memiliki banyak sumber daya alam dan kekhasan yang bisa terus dieksplorasi melalui tampilan video. Tentu saja, pelatihan ini sangat penting untuk terus menerus kita laksanakan," ucap Gubernur lagi.

Di sisi lain, Anggota DPRD Sumbar, Mesra, yang ikut serta sebagai narasumber dalam pelatihan ini menyebutkan, peran serta pemuda sangat penting untuk meningkatkan daya saing daerah. Sehingga, ia pun berkomitmen menempatkan pokok pikiran (pokir) selaku anggota dewan, untuk pelaksanaan program-program yang menunjang kreativitas pemuda di Sumbar.

"Ketika daya saing pemuda meningkat dan menjadi semakin kreatif, maka dengan sendirinya daya saing daerah meningkat dan berujung pada peningkatan pendapatan daerah juga," ujar Mesra.

Sementara itu, Kepala Dispora Sumbar, Maifrizon, dalam laporannya menyebutkan, tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut memang untuk meningkatkan kreativitas pemuda, sehingga menghasilkan pemuda-pemuda Sumbar yang kreatif, unggul, dan berdaya saing tinggi di kancah nasional, bahkan internasional.

"Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 3 hingga tanggal 6 Mei 2024, dengan menghadirkan narasumber-narasumber berkompeten di bidang video dan berlatar belakang konten kreator. Kegiatan ini diikuti oleh 52 peserta, yang kemudian akan menjadi konten kreator baru dari Sumbar," ucapnya. (adpsb/isq/rel)

Komentar

Berita Terbaru