Pastikan Pemudik Pessel Aman Berlebaran, Raflis: Ada Posko Terpadu di Titik Strategis

Ragam-24 hit

PADANG, binews.id -- Pemerintah mendirikan posko-posko terpadu untuk Pengamanan dan penjagaan pemudik Lebaran 1445 H di jalur jalan bagian Barat Padang -- Pesisir Selatan. Pasca bencana banjir dan longsor ada posko alat-alat berat dari kementerian Pekerjaan Umum (PU) dan dirikan beberapa posko terpadu hampir di lokasi strategis di Kabupaten Pessel ini.

Hal ini disampaikan Sekretaris DPRD Provinsi Sumatera Barat, H. Raflis, SH.MM yang didampingi Kabag Persidangan Zardi Syahrir memastikan pelayanan mudik lebaran secara terpadu di Kabupaten Pessel, Senin, 8 April 2024.

Sekwan DPRD Sumbar menambahkan dari pemantauan ada posko terpadu di lokasi-lokasi strategis di kabupaten Pesisir Selatan yang melibatkan berbagai pihak.

Baca Juga

"Ada utusan dari polsek, koramil, dinas perhubungan, satpol pp dan dinas kesehatan serta dari BPBD yang memberikan pelayanan informasi kepada para perantau yang membutuhkan dengan berkunjung posko dimaksud," ujar Raflis.

Raflis juga menyampaikan kondisi jalur jalan dalam kondisi baik.Beberapa waktu lalu di Barung-Barung Balantai jalan buka/ tutup dan saat ini sudah ada dua jalur.

"Kemudian juga ada jembatan di Balai Selasa yang tergerus air, sudah di sanggah dengan batu grib, baik di bibir jalan maupun di bibir sungai. Kerja cepat tanggap dari kebencanaan dengan alat berat," katanya.

Raflis juga mengatakan dari keterangan beberapa perantau mengatakan, mereka pulang kampung sambil membawakan bantuan bagi masyarakat yang terdampak bencana. Mereka datang lewat darat dengan kenderaan sendiri-sendiri.

"Ini sesuatu kemuliaan di bulan puasa para perantau Pessel juga datang membawakan beras, pakaian dan makanan ringan serta lain-lain. Untuk masyarakat yang membutuhkan terdampak bencana. Semoga kebaikan ini memberikan keberkahan bagi Sumbar," doanya.

Raflis juga menyampaikan pesan arahan Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, ucapkan terima kasih dan apresiasi atas kepedulian, saling sapa dalam silaturahmi perantau terhadap saudara-saudara kita yang terdampak bencana.

"Menjaga kedamaian, silaturahmi dan kepedulian kampung halaman bagian penting dalam meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di daerah. Karena itu Gubernur Sumbar menugaskan para kepala OPD pulang kampung monitoring pelayanan mudik lebaran 1445 H. kampung masing-masing ," ungkap Raflis.

Raflis katakan, penyelenggaraan sholat idul fitri 1445 H di beberapa kecamatan di kabupaten Pesisir Selatan ada di lapangan dan sebagian besar di masjid terdekat kantor camat masing-masing.

Kunjungan monitoring sebelum dan pasca lebaran Sekwan DPRD Sumbar ini, sesuai SK Tim Pembagian Wilayah Pemantauan Idul Fitri 1445 H di Kabupaten Pesisir Selatan, Sekretaris DPRD, Kadis Perindag dan Kadis BMCKTR. (bi/mel)

Komentar

Berita Terbaru