Antisipasi Lonjakan Harga pangan Pemkab Tanah Datar Gelar Pasar Murah

  • Cetak

TANAH DATAR, binews.id -- Dalam rangka stabilisasi harga pangan atau lonjakan harga bahan pokok di pasaran, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar melalui Dinas Pangan dan Perikanan menggelar Gerakan Pasar Pangan Murah (GPPM), Kamis (28/3) di lapangan parkir Dinas Dukcapil Batusangkar.

Gerakan pasar murah tersebut di buka secara resmi Bupati Eka Putra didampingi Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Hendra Setyawan, Sekretaris Dinas Pangan dan Perikanan Irdayani, dan dihadiri Dinas OPD lainnya.

Bupati Eka Putra menyampaikan GPPM digelar berdasarkan keluhan dari masyarakat atas naiknya harga bahan pokok menjelang bulan ramadhan yang menimbulkan beban sangat berat bagi masyarakat.

Baca Juga

"Untuk menstabilkan harga bahan pokok , hari ini Pemerintah daerah kembali hadir di tengah-tengah masyarakat dalam kegiatan pangan murah atau pasar murah, silahkan manfaatkan peluang ini," ungkapnya.

Bupati menambahkan, di pasar murah menyediakan beberapa bahan pokok seperti beras, minyak goreng, telur, tepung, bawang, cabe merah dan hijau, kentang yang harganya lebih murah dari harga pasar, jadi ini mungkin bisa meringankan beban ibu-ibu.

"Kegiata pasar pangan murah ini bukan hari yang pertama kita lakukan, ini yang ke-10 kali di seluruh Kabupaten Tanah Datar tidak hanya di kota Batusangkar juga di kecamatan-kecamatan di wilayah Tanah Datar," ungkapnya.

Bupati mengharapkan, dengan adanya pasar murah ini bisa membantu masyarakat kita untuk menghadapi Lebaran Idul Fitri nanti.

" Semoga dengan adanya pangan pasar sangat murah ini sangat bermanfaat bagi masyarakat kita di Tanah Datar khususnya di Kota Batusangkar dalam menyambut lebaran Idul Fitri esok," sampainya.

Di akhir arahan Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada dinas terkait dan Perumda Tuah Sepakat dan pedagang lainnya yang telah turut serta membantu pelaksanaan pasar murah.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Irdayani mengatakan biasanya saat Ramadhan dan menjelang lebaran terjadi peningkatan daya beli di masyarakat sehingga dikhawatirkan memicu terjadinya kenaikan harga kebutuhan pokok di pasaran.

"Atas kondisi tersebut, pemerintah hadir disini untuk menstabilkan harga sehingga tidak melonjak terlalu tinggi dengan menggelar pasar murah ini," kata nya.

Dia menambahkan, pasar murah ini merupakan program Bappenas yang diadakan serentak pada 421 lokasi yang tersebar pada 38 provinsi yang di laksanakan untuk menyambut hari-hari besar keagamaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Sementara itu, Eka, salah seorang masyarakat asal Nagari Simbaur menyampaikan terima karena bisa membeli bahan pokok.

"Alhamdulillah, terima kasih kepada Pemerintah yang telah menggelar pasar murah ini, sehingga Saya bisa terbantu dan bisa membeli lebih bahan pokok untuk persiapan lebaran esok," tukasnya. (bi/rel)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru