Pimpin Gerakan Menanam Cabai dan Jagung Manis bersama Unsur OPD, Pj. Bupati Kepulauan Mentawai: Perkuat Ketahanan Pangan

  • Cetak

Tuapeijat, Binews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Mentawai melakukan Gerakan Menanam Cabai Serentak se-Kabupaten Kepulauan Mentawai yang dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Mentawai Fernando Jongguran Simanjuntak, S.St.Pi., M.Pi turut juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai Martinus Dahlan,

Dandim 0319/Mentawai Letkol Inf Restu Petrus Simbolon, S.IP., M.IP, Kejari Kepulauan Mentawai Heni Agustiningsih, S.H., M.H, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kepulauan Mentawai Hatisama Hura, Kepala Desa Sipora Jaya, Kepala Desa Bukit Pamewa, serta Unsur Forkopimda Kabupaten Kepulauan Mentawai. Kegiatan ini juga diikuti oleh unsur Kepala OPD, Camat Se-Kepulauan Mentawai melalui sambungan langsung via zoom dimana kegiatannya dipusatkan di halaman UPT. Balai Benih Utama Sipora KM. 8 Desa Sipora Jaya Kecamatan Sipora Utara, Kamis pagi (28/3/2024).

Gerakan menanam cabai serentak ini merupakan arahan dan inisiatif dari Pj. Bupati Kepulauan Mentawai dalam memperkuat kemandirian pangan di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai pada umumnya dan terkhusus di wilayah Pulau Sipora.

Baca Juga

Pj. Bupati Kepulauan Mentawai Fernando Jongguran Simanjuntak, S.St.Pi., M.Pi

dalam arahannya mengatakan, kami menugaskan seluruh perangkat pemerintah mulai dari tingkat desa, kecamatan, dan kepala OPD untuk menanam cabai di perkarangan kantor masing masing. Gerakan penanaman cabai ini harus dilakukan oleh semua lapisan masyarakat, dan gerakan ini juga akan terus berlanjut guna membangkitkan lagi bercocok tanam kepada masyarakat.

" melalui momen gerakan menanam cabai ini kita mengajak masyarakat untuk kembali bertani, negara yang kuat itu adalah negara yang agraris yaitu negara yang banyak petaninya, sehingga kita punya banyak bahan pangan dan tidak akan mengalami krisis pangan," tutur Pj Bupati.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kepulauan Mentawai Hatisama Hura, dalam laporannya mengatakan, target awal penanaman cabai ini sebanyak 13.800 bibit batang cabai. Kegiatan ini dilaksanakan oleh seluruh ASN, perangkat camat, perangkat desa se-Kabupaten Kepulauan Mentawai, jadi penanaman ini tidak melibatkan petani. Kegiatan ini juga sebagai upaya Pemkab Kepulauan Mentawai dalam penanganan inflasi yang diakibatkan tingginya harga cabai keriting dan cabai rawit pada saat ini.

Setelah melakukan kegiatan menanam cabai serentak, penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Mentawai Fernando Jongguran Simanjuntak, S.St.Pi., M.Pi beserta rombongan melanjutkan dengan kegiatan menanam bibit jagung manis. Kegiatan menanam cabai serentak dan bibit jagung manis bukan hanya sekedar kegiatan rutin, tetapi juga langkah strategis dalam memastikan pasokan pangan yang cukup untuk masyarakat di Kepulauan Mentawai. Kegiatan ini juga menjadi momentum bagi masyarakat untuk lebih memperhatikan potensi pertanian lokal. Diharapkan, hal ini dapat membantu menciptakan lingkungan yang lebih lestari serta meningkatkan kesejahteraan petani, ujar Pj.Bupati (Hot)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru