Mulai Rapat Pleno Rekapitulasi Suara, Ketua KPU Sumbar: Target Tanggal 5 Maret Rampung

  • Cetak

PADANG, binews.id -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar) telah memulai rapat pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara dan penetapan hasil Pemilihan Umum (Pemilu) serentak Tahun 2024 tingkat Provinsi Sumbar, Minggu (3/3/2024).

Ketua KPU Sumbar Surya Efitrimen mengatakan, tahapan rekapitulasi dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan nasional. Ia berharap kegiatan rapat pleno terbuka rekapitulasi tingkat provinsi ini dapat berjalan lancar, kondusif dan menghasilkan data yang akurat.

Dikatakannya, peserta terdiri dari Bawaslu Sumbar dan Bawaslu Kabupaten/Kota, KPU Kabupaten/Kota, saksi peserta pemilu, pemantau pemilu, wartawan dan masyarakat.

Baca Juga

Surya Efitrimen mengatakan, bahwa rapat pleno dimulai pada malam hari. Hal ini tidak terlepas dari upaya pemanfaatan waktu sebaik mungkin dan dengan optimal. Proses perhitungan suara ini akan berlangsung selama tiga hari beruntun, dimulai tanggal 3 hingga 5 Maret 2024. Untuk hari kedua dan ketiga rapat pleno akan dimulai dari pagi hingga malam.

"Kita mengharapkan dan targetkan proses rapat pleno dapat dirampungkan pada tanggal 5 Maret mendatang," ujarnya didampingi semua Anggota KPU Sumbar dan Sekretaris KPU Sumbar.

Pantauan rapat resmi dimulai pada pukul 21.00 WIB bertempat di Hotel Truntum Padang. Hadir sekitar seratusan tamu yang terjadi dari unsur Bawaslu, KPU, saksi peserta Pemilu serta puluhan awak media.

Selain dapat dihariri secara langsung, Rapat Pleno Rekapitulasi Perhitungan Perolehan Suara dan Penetapan Hasil Pemilu Serentak tingkat Sumbar juga dapat disaksaikan secara live streaming di kanal YouTube @KPU Prov Sumbar. (bi/rel)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru