Assisten 2 Bupati Kepulauan Mentawai Dukung Penuh KPID Sumbar Gelar Kegiatan Literasi Media di Kepulauan Mentawai

  • Cetak

MENTAWAI, Binews.id - Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Provinsi Sumatera Barat (KPID) bekerjasama dengan Dinas Kominfo Kabupaten Kepulauan Mentawai mengadakan kegiatan Literasi Media, yang berlangsung di Bundo Guest House, Sipora Jaya Kecamatan Sipora Utara, Kamis (29/02/2024).

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Barat Drs. H. Hansastri, Ak., M.M., CFrA. Dalam sambutannya Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Barat Drs. H. Hansastri, Ak., M.M., CFrA mengapresiasi dan berterima kasih kepada pihak KPID Prov. Sumbar yang telah melaksanakan kegiatan tersebut di wilayah Kepulauan Mentawai. Dalam pidatonya Sekda menyampaikan bawa Literasi Media di sini adalah suatu kemampuan untuk memahami, menganalisis, dan mendekonstruksi pencitraan media. Kemampuan untuk melakukan hal ini, ditujukan agar pemirsa sebagai konsumen media menjadi sadar tentang cara media dikonstruksi dan diakses. Hal ini penting, mengingat dampak media dalam tatanan kehidupan masyarakat saat ini, begitu besar pengaruhnya, bahkan telah memasuki ranah kehidupan remaja dan anak-anak yang disajikan dalam banyak situs dan konten di media sosial ujar Hansantri. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh unsur forkopimda Kabupaten Kepulauan Mentawai seperti: Asisten 2 Bagian Perekonomian dan Pembangunan Lamuddin Siregar, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kepulauan Mentawai Heri Robertus, serta Kepala Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Kepulauan Mentawai Erickson.

Assisten 2 Bupati Kepulauan Mentawai Lahmudin Siregar menyampaikan komitmennya melalui pemerintah Kabupaten Mentawai untuk memperkenalkan siaran sehat yang bermartabat dan berbudaya kepada masyarakat. Dalam sambutannya, Lahmudin Siregar menekankan pentingnya literasi media dalam menghadapi arus informasi yang semakin cepat dan beragam di era digital ini. Kami percaya bahwa pemahaman yang baik tentang media adalah kunci untuk membentuk masyarakat yang cerdas dan kritis," ujarnya.

Baca Juga

Selain itu, dia juga menyoroti pentingnya menghasilkan konten yang positif dan mendidik bagi masyarakat. "Kami akan terus mendukung produksi dan distribusi konten-konten yang bernilai positif, menjaga integritas budaya kita, serta mempromosikan kearifan lokal Mentawai," tambahnya.

Langkah-langkah konkrit seperti pelatihan literasi media, pembentukan klub literasi di sekolah-sekolah, dan pengembangan konten-konten edukatif yang relevan dengan kearifan lokal Mentawai, menjadi fokus utama yang akan diimplementasikan oleh Pemerintah Daerah Mentawai dalam waktu dekat. Dengan upaya yang terus menerus ini, diharapkan Mentawai akan menjadi contoh bagi daerah lain dalam mempromosikan literasi media yang sehat dan membangun masyarakat yang cerdas dan berbudaya.

Acara Literasi Media yang bertajuk "Dari Kepulauan Wujudkan Siaran Sehat, Bermartabat dan Berbudaya" juga diisi pemaparan dari berbagai narasumber. Di antaranya Ketua dan Anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Provinsi Sumatera Barat (KPID) Robert Cenedy, Baldi Pramana dan Edra Mardi. Kemudian narasumber dari KPI Pusat Amin Shabana. Serta perwakilan dari Forkopimda Kabupaten Kepulauan Mentawai,

Acara Literasi Media tersebut juga diikuti antusias oleh berbagai peserta yang diundang seperti dari Perwakilan Komunitas Informasi Masyarakat, Perwakilan pelajar SMA di Sipora, Perwakilan Wartawan dari Media Cetak dan Media Online di Kepulauan Mentawai, Radio Sasaraina, Radio Nest FM, dan Humas Kominfo Kepulauan Mentawai. Total jumlah undangan peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 50 orang. (Hot)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru