Moment HUT Ke-52 BASARNAS Tahun 2024, Pj Bupati Kepulauan Mentawai Hadiri Upacara Peringatan

  • Cetak

TUAPEJAT, binews -- Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Mentawai Fernando Jongguran Simanjuntak, S.St.Pi., M.Pi bersama unsur Forkopimda Kabupaten Kepulauan Mentawai, instansi vertikal dan tamu undangan lainnya menghadiri peringatan hari ulang tahun Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) yang ke-52 di Lapangan Upacara Kantor Basarnas Kepulauan Mentawai, KM.9 Sipora Jaya Kecamatan Sipora Utara, Kamis (29/02/2024).

Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Kepulauan Mentawai Rudi, S.E menyebutkan, dalam moment Hut ke 52 Basarnas tahun 2024 kali ini mengangkat tema' QUICK ACTION Satu Rasa Satu Jiwa. Dalam hal ini Basarnas bekerja dengan respon cepat serta tulus memberikan layanan dengan baik, sebut Kakansar.

"Kita bekerja profesional, tulus dan setia. Dan berharap Basarnas selalu dicintai masyarakat diterima masyarakat dalam pengabdiannya serta melayani masyarakat sepenuh hati kedepannya", ujarnya.

Baca Juga

Termasuk Basarnas yang ada di Kabupaten Kepulauan Mentawai akan selalu siap dan selalu berusaha untuk memberikan layanan terbaik. Lebih lanjut dikatakannya, tema yang diangkat Basarnas pada peringatan ulang tahun ke-52 tahun 2024 yakni "Quick Action, Satu Jiwa Satu Rasa". Tema tersebut merepresentasikan kecepatan Basarnas dalam memberikan pelayanan SAR kepada masyarakat. "Maka Basarnas harus dapat bekerja secara profesional dengan berbasis kompetensi cepat, tepat, dan terukur. Ingat, pekerjaan SAR memiliki risiko tinggi, karena itu, safety first dan zero accident menjadi hal krusial yang mutlak diterapkan dalam tugas," ujarnya.

Oleh karena itu, dirinya menjelaskan terdapat lima poin yang harus dipedomani Basarnas dalam bekerja, diantaranya agar meningkatkan iman dan taqwa, selalu memegang teguh Panca Prasetya Korpri dan Janji Rescuer dalam pelaksanaan tugas.

Kemudian agar senantiasa dalam mewujudkan profesionalisme sebagai ASN berakhlak, serta mewujudkan sinergitas dan menjaga kekompakan, dan semakin terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas.

"Saya berharap, dengan kecepatan, kapabilitas, dan SOP di segala aspek, Basarnas ke depan dapat lebih baik dan lebih baik lagi. Selamat ulang tahun ke-52 Basarnas, quick action satu jiwa satu rasa, avignam jagat samagram, selamatlah alam semesta," pungkasnya.

Setelah upacara selesai dilanjutkan dengan simulasi kecelakaan kendaraan yang membutuhkan penanganan khusus VEHICLE ACCIDENT RESCUE (VAR). Peserta simulasi melaksanakan penanganan medis dan segera mengevakuasi korban ke ambulans. Peserta yang diikutkan dalam simulasi kali ini meliputi unsur SAR gabungan Basarnas, TNI, Polri, Damkar dan pihak terkait lainnya. (bi/hot)

Editor: BiNews

Komentar

Berita Terbaru